counter

BI Jember gandeng Dee Lestari untuk galakkan gerakan literasi

BI Jember gandeng Dee Lestari untuk galakkan gerakan literasi

Dee Lestari berbagi pengalamannya dalam kegiatan "Literasi Untuk Semua" yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember yang digelar di Gedung Serbaguna BI Jember, Sabtu (14/9) (Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember menggandeng novelis ternama Dewi Lestari atau yang biasa dipanggil Dee Lestari untuk menggalakkan gerakan literasi untuk semua dengan menggelar berbagai kegiatan literasi mulai dari pameran literasi hingga seminar di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Kegiatan bertema "Literasi untuk Semua" yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember tersebut digelar dalam rangka Hari Kunjungan Perpustakaan dan Hari Literasi Internasional yang meliputi pameran literasi untuk semua, seminar bertema "Pengelolaan Program Peningkatan Minat Baca pada Anak" oleh Taman Baca Inovator Indonesia, dan talkshow bersama penulis Dee Lestari.

"Tingkat minat baca di Indonesia berada di urutan ke 63 dari 70 negara di dunia, sehingga hal itu menunjukan bahwa tingkat minat baca di Indonesia tergolong rendah," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo di Jember.

Di Kabupaten Jember memiliki permasalahan tersendiri terkait literasi karena di Kecamatan Silo memiliki tingkat buta huruf yang cukup tinggi berdasarkan data BPS 2017 tercatat masyarakat yang berusia 15 tahun ke atas masih mengalami buta huruf mencapai 11,17 persen dari total penduduk 1,8 juta jiwa.

"Untuk itu, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember juga mengambil peran dalam peningkatan gerakan literasi di Kabupaten Jember dengan memberikan akses Perpustakaan Bank Indonesia Jember pada masyarakat umum," tuturnya.

Koleksi buku perpustakaan Bank Indonesia sebanyak 10.441 judul buku dengan komposisi buku 70 persen ekonomi dan 30 persen umum. Perpustakaan Bank Indonesia Jember sendiri telah menjadi perpustakaan terbaik Kantor Perwakilan Bank Indonesia tingkat kabupaten/kota pada tahun 2017.

"Untuk itu kami menggelar program Literasi untuk Semua yang bertujuan memberikan wadah dan pemahaman bagi penggerak literasi di Kabupaten Jember dalam pengelolaan aktivitas yang dapat meningkatkan literasi anak-anak, remaja dan orang dewasa di lingkungan perpustakaan dan taman baca penggerak literasi Jember," katanya.

Selain itu, lanjut dia, memberikan dorongan kepada pemuda-pemudi Jember tentang manajemen diri untuk meningkatkan minat baca melalui kisah inspiratif dari salah satu penulis terkenal Indonesia Dee Lestari.

"Kami juga berusaha meningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat akan perpustakaan Bank Indonesia Jember, sehingga diharapkan semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke perpusatakaan BI Jember," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BI corner, kenalkan tugas dan fungsi bank Indonesia

Komentar