"Rest area" Tol Manado-Bitung buka ruang UMKM pasarkan produk

"Rest area" Tol Manado-Bitung buka ruang UMKM pasarkan produk

Tol Manado-Bitung (1)

Di jalan tol yang dibangun sepanjang 39,9 kilometer tersebut akan dibangun beberapa tempat istirahat dengan berbagai tipe.
Manado (ANTARA) - Rest area" yang dibangun di Jalan Toll Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dapat dimanfaatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produk.

"Ini peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha," sebut Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Tol Manado-Bitung 01 Yanuar Chalik  di Manado, Minggu.

Dia menyebutkan, di jalan tol yang dibangun sepanjang 39,9 kilometer tersebut akan dibangun beberapa tempat istirahat dengan berbagai tipe.

Tipe A misalkan, biasanya akan disediakan fasilitas seperti stasiun pengisian bahan bakar umum, tempat ibadah sekaligus juga ruang untuk pelaku usaha.

"Tipe A biasanya akan lebih besar bila dibandingkan dengan tipe B," sebutnya.

Dia berharap, ruang yang diberikan untuk pelaku usaha tersebut dapat dioptimalkan pelaku usaha dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

"Pelaku usaha dapat berkomunikasi langsung dengan PT Jasa Marga sebagai operator jalan tol," ujarnya.

Tol yang pembangunannya dimulai dari Kota Manado, melintasi Kabupaten Minahasa Utara dan berakhir di Kota Bitung akan menjadi infrastruktur pendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus dan Pelabuhan Internasional Kota Bitung.

Selain itu, untuk mempercepat waktu tempuh ke kawasan itu karena sering terjadi kemacetan di beberapa titik menuju dan dari Kota Bitung.
Baca juga: BPJT berharap permen "rest area" jalan tol terbit tahun ini
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Laris berjualan di rest area eks pabrik gula Banjaratma

Komentar