counter

Presiden AS akan temui PM India, Australia pekan depan

Presiden AS akan temui PM India, Australia pekan depan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpidato pada kampanye di Cincinnati, Ohio, AS, (1/8/2019). ANTARA/REUTERS/Bryan Woolston/aa. (ANTARA/REUTERS/BRYAN WOOLSTON)

Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menemui Perdana Menteri India dan Australia pekan depan di sebuah acara di Texas dan Ohio, yang mempromosikan investasi dan perdagangan.

Gedung Putih mengatakan Trump akan berpartisipasi dalam acara di Houston, Texas pada 22 September bersama dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan "membahas sejumlah langkah untuk mempererat kemitraan energi dan perdagangan."

Trump kemudian akan mendampingi Perdana Menteri Australia, Scott Morrison di Wapakoneta, Ohio untuk melihat fasilitas manufaktur baru milik Australia. Trump akan menggelar perjamuan malam dengan Morrison di Gedung Putih pekan ini, pertemuan resmi kedua bagi Trump sejak menjabat.

Juni lalu Amerika Serikat mengakhiri status perdagangan khusus India, dengan mengeluarkannya dari program Generalized System of Preferences (GSP) yang memungkinkan ekspor tahunan India senilai 5,6 miliar dolar AS bebas masuk ke Amerika Serikat.

Perunding perdagangan AS dan India mengakhiri pembicaraan pada Juli tanpa kemajuan besar dalam sengketa tarif dan langkah-langkah perlindungan lainnya yang diberlakukan oleh kedua pihak, yang menyebabkan hubungan bilateral meregang, kata pejabat tersebut kepada Reuters Agustus lalu.

Pembicaraan perdagangan keduanya kemudian dilanjutkan setelah Trump dan Modi bertemu di sela-sela KTT G20 pada Juni dan sepakat memperkuat hubungan kedua negara tersebut.

Acara Houston bertajuk "Howdy Modi! Shared Dreams, Bright Futures," di Stadion NRG diperkirakan akan dihadiri puluhan ribu orang, kata Gedung Putih.

Sulmber: Reuters
Baca juga: AS-Australia cari landasan bersama perdagangan dengan China
Baca juga: India tetap berusaha pererat hubungan dengan AS
Baca juga: Trump tunjuk panglima Komando Pasifik jadi duta besar untuk Australia

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

TKN Jokowi-Amin: Ada strategi ala Trump untuk mendelegitimasi pemilu

Komentar