counter

Pasar saham Australia berakhir lebih rendah terseret sektor energi

Pasar saham Australia berakhir lebih rendah terseret sektor energi

Bendera Australia dan bursa Efek Autralia dengan panah merah turun. ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Harga minyak global turun tajam semalam karena Arab Saudi mengkonfirmasikan bahwa mereka telah mengembalikan sebagian produksi kilang minyaknya yang rusak setelah serangan pesawat tak berawak pada akhir pekan, sementara juga mengklaim bahwa produksi
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir lebih rendah pada perdagangan Rabu, terseret saham sektor energi menyusul penurunan harga minyak dan juga terbebani sektor keuangan.

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 13,70 poin atau 0,20 persen menjadi 6.681,60, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas berkurang 10,50 poin atau 0,15 persen pada 6.791,20.

Meskipun pada pembukaan pasar sedikit lebih tinggi, indeks terus menurun sepanjang hari, dengan saham-saham minyak memimpin kerugian karena pembalikan harga komoditas.

Baca juga: Pasar saham Australia turun tipis, dipicu pembalikan sektor energi

"Harga minyak global turun tajam semalam karena Arab Saudi mengkonfirmasikan bahwa mereka telah mengembalikan sebagian produksi kilang minyaknya yang rusak setelah serangan pesawat tak berawak pada akhir pekan, sementara juga mengklaim bahwa produksi dapat sepenuhnya berjalan pada akhir September," analis pasar Commsec, James Tao mengatakan.

Saham-saham teknologi, industri dan material semuanya naik seperti halnya perawatan kesehatan, sementara saham konsumen dan keuangan tertekan.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,61 persen, ANZ turun 0,22 persen, National Australia Bank turun 0,51 persen dan Westpac Bank turun 0,30 persen.

Baca juga: Bursa saham Australia berbalik arah, berakhir lebih tinggi

Saham-saham pertambangan beragam dengan BHP turun 0,26 persen, Rio Tinto naik 0,29 persen, Fortescue Metals naik 1,22 persen dan penambang emas Newcrest naik 2,03 persen.

Produsen minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 2,06 persen, Santos turun 1,66 persen, dan Woodside Petroleum turun 2,52 persen.

Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,74 persen dan Woolworths turun 0,22 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,56 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas terangkat 1,78 persen dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,02 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka turun dengan kerugian meluas

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar