Kami ingin ini jadi wadah keberagaman (kuliner) Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Chef Juna Rorimpandey menciptakan dua hidangan nasi kotak (rice box) khas nusantara untuk gerai makanan Daily Box berupa Ayam Woku khas Manado dan Sambal Udang Bawang Goreng.

"Ini suatu kebanggaan karena chef Juna mau bekerjasama dengan brand baru," kata Kelvin Subowo, co-founder Dailybox, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Gerai Dailybox berdiri sejak 2017. Penjualan dimulai dari kantor ke kantor selama setahun, kini gerai tersebut punya 10 cabang di Jakarta dan Tangerang, seperti Grand Indonesia, Kuningan City, dan Permata Hijau.

Baca juga: Chef Juna promosikan kuliner Indonesia di Brunei

Nasi kotak memang jadi fokus dari gerai makanan ini, ujar Kelvin, karena merupakan makanan utama sebagian besar masyarakat Indonesia. Lauknya bervariasi, mulai dari rasa Nusantara, Jepang, China hingga Thailand.

"Kami ingin ini jadi wadah keberagaman (kuliner) Indonesia," tambah dia.

Menurut Kelvin, lauk yang disajikan di gerai makanan tersebut masuk dalam kategory comfort food alias makanan yang membuat konsumen merasa nyaman karena mengingatkan pada apa yang dekat dengan mereka.

"Rasanya familier di lidah," kata dia.
 
Ayam Woku khas Manado kolaborasi chef Juna Rorimpandey dengan gerai Dailybox. (ANTARA News/Nanien Yuniar)


Citarasa Manado dalam menu ayam woku dihadirkan dalam kolaborasi ini, terlebih chef Juna memang berasal dari Manado.

"Saya cari yang serasi dengan nasi," ujar Juna, menambahkan ayam woku yang kaya rempah memang cocok bila disantap dengan nasi.

Hidangan itu juga yang sering dimasak ketika keluarganya sedang berkumpul, ujar Juna.
 
Udang sambal bawang goreng kolaborasi chef Juna Rorimpandey dengan gerai Dailybox. (ANTARA News/Nanien Yuniar)


Selain ayam woku, chef Juna juga meracik menu udang sambal bawang goreng sebagai pendamping nasi putih.

Rasa di menu ini serupa dengan makanan di Bali yang kaya sereh, bawang, cabai, perasan jeruk lemon dan daun jeruk. Ia memilih udang segar dan gurih serta bertekstur untuk dimasak bersama-sama dengan sambal bawang goreng.

"Udangnya dimasak dulu dengan sedikit mentega karena seafood dan mentega itu kombinasi luar biasa, jadi enggak perlu MSG," kata dia.

Kolaborasi ini diakui Juna sebagai tantangan untuk keluar dari zona nyaman sekaligus menepis anggapan bahwa masakannya hanya bisa dinikmati segelintir kalangan yang mau merogoh kocek dalam-dalam.

"Banyak yang protes selama ini enggak bisa coba makanan saya karena identik dengan fine dining, mahal dan sangat technical," kata Juna.

Ia senang bisa berkolaborasi sehingga makanannya bisa dinikmati lebih banyak kalangan mengingat harga makanan di gerai tersebut relatif terjangkau.

Dua menu kolaborasi Dailybox dan chef Juna mulai tersedia di gerai Dailybox dan eksklusif di layanan pesan antara GoFood mulai 22 September 2019 hingga sebulan ke depan.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019