Jakarta (ANTARA) - Kehilangan beberapa helai rambut setiap hari adalah hal normal. Tetapi jika Anda mulai kehilangan gumpalan rambut, Anda harus waspada karena bisa jadi berhubungan dengan kekurangan zat gizi dan fungsi tubuh Anda.

Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi pada tubuh Anda seperti dilansir Indian Express:

Kurang protein

Apakah diet Anda kekurangan protein esensial? Protein membantu pertumbuhan rambut. Jika makanan Anda tidak memiliki protein yang cukup, ada kemungkinan rambut Anda akan berhenti tumbuh, berubah warna dan rontok.

Makanan yang kaya protein termasuk biji-bijian dan kacang-kacangan, telur, produk susu seperti susu, keju dan yogurt, produk unggas dan ikan.

Stres

Stres bisa menyebabkan Anda kehilangan banyak rambut, misalnya karena pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, adalah beberapa contohnya. Namun, ini bukan situasi permanen, dan Anda bisa mendapatkan kembali volume rambut yang hilang jika semuanya terkendali.

Baca juga: Monita Tahalea pakai minyak kelapa rawat rambut rontok dan kering

Baca juga: Ini solusi mengatasi rambut rontok


Produk rambut yang tidak cocok

Anda mungkin telah menggunakan -- atau masih menggunakan -- produk yang tak cocok dengan rambut Anda. Bahan bahan kimia pelurus rambut, menggunakan alat panas pada rambut bisa merusak folikel sehingga meningkatkan risiko kerontokan rambut.

Kurang zat besi

Jika Anda kurang mengonsumsi makanan mengandung zat besi, sayuran berdaun hijau gelap, cokelat hitam, kacang kedelai, lentil, tahu, daging, Anda berisiko mengalami rambut rontok.

Para ahli mengatakan, wanita berusia 19-50 tahun, harus mengonsumsi 18 mg zat besi setiap hari.

Baca juga: Tanda tubuh kekurangan protein

Baca juga: Enam masalah kesehatan yang mengintai wanita usia 30-an

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019