Kepulauan Seribu (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda mengatakan kehadiran pusat perkulakan JakGrosir di Pulau Tidung Kecil dapat membantu kesetaraan harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu.

"Dengan adanya JakGrosir ini kebutuhan-kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu bisa diperoleh dengan harga yang jauh lebih murah, kini masyarakat kepulauan bisa menikmati kesetaraan harga seperti mereka yang tinggal di daratan Pulau Jawa," kata Anies saat peresmian pusat perkulakan JakGrosir di Pulau Tidung Kecil, Minggu.

Baca juga: Anies saksikan peresmian pusat perkulakan JakGrosir Kepulauan Seribu

Anies menjelaskan JakGrosir adalah sebuah fasilitas perkulakan pertama yang dibangun di Kepulauan Seribu.

Masyarakat, lanjut Anies, mengenal wilayah Jakarta terbagi dua yakni di Pulau Jawa dan Kepulauan Seribu.

Baca juga: Kemudahan, Kemurahan, dan Kenyamanan pusat perkulakan JakGrosir

Selama ini, kata Anies, masalah yang dihadapi masyarakat di Kepulauan Seribu adalah kebutuhan pokok mereka harganya lebih mahal karena biaya transportasi dan jarak.

"Sekarang dengan JakGrosir ke depan kita akan membangun lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan," kata Anies.

Baca juga: 2020 Pasar Jaya bangun dua JakGrosir lagi

Anies menambahkan Indonesia sebagai negara kepulauan dan Jakarta sebagai ibu kota negara dan pusat perekonomian harus memastikan kesetaraan harga-harga kebutuhan pokok di wilayahnya.

"Dengan cara seperti ini para pedagang warung bisa berbelanja dengan harga yang relatif terjangkau," kata Anies.

Baca juga: Jakgrosir, penyedia pangan murah untuk masyarakat

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin menambahkan pembangunan JakGrosir di Kepulauan Seribu memang menjadi salah satu program prioritas Pemda DKI Jakarta.

Pembangunan JakGrosir di Kepulauan Seribu di atas lahan seluas 3.300 m2 dengan luas bangunan 492 m2 ini berasal dari dana penyertaan modal pemerintah (PMP) Pasar Jaya pada APBD Perubahan 2018.

Kehadiran pusat perkulakan tersebut juga merupakan salah satu perwujudan dari strategi utama pengendalian inflasi ibu kota yang diterapkan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta.

Menurut dia, lebih rendahnya harga suplai barang yang diterima oleh pedagang diharapkan diikuti dengan harga yang lebih murah dan stabil di tingkat konsumen.

"JakGrosir hadir di Kepulauan Seribu untuk menyetarakan harga yang ada di pulau dengan harga di darat," kata Arief.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019