counter

Bupati sebut JakGrosir di Kepulauan Seribu idealnya ditambah

Bupati sebut JakGrosir di Kepulauan Seribu idealnya ditambah

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad saat peresmian JakGrosir di Pulau Tidung Kecil, Minggu (22/9/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

idealnya ada satu lagi untuk wilayah Kepulauan Seribu Utara sehingga totalnya dua
Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan jumlah JakGrosir di wilayahnya idealnya perlu ditambah menjadi dua agar dapat mengakomodir kebutuhan warga kepulauan.

"JakGrosir yang diresmikan kemarin baru menjangkau warga di Kepulauan Seribu Selatan, idealnya ada satu lagi untuk wilayah Kepulauan Seribu Utara sehingga totalnya dua," kata Husein saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Husein mengatakan akan mencarikan lokasi yang tepat untuk dibangun pusat perkulakan JakGrosir yang akan mengakomodir masyarakat Kepulauan Seribu Utara.

Baca juga: Anies sebut JakGrosir bantu kesetaraan harga di Kepulauan Seribu

Selain lokasi, juga akan dicek letak posisinya yang strategis serta ketersediaan lahannya di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Menurut dia, kehadiran JakGrosir di Kepulauan Seribu sangat bermanfaat untuk masyarakat karena bisa mendapatkan harga barang pokok setara dengan yang ada di daratan Jakarta.

Ia mengatakan lokasi JakGrosir di Kepulauan Tidung Kecil baru bisa diakses oleh masyarakat yang ada di wilayah Kepulauan Seribu Selatan, sedangkan Kepulauan Seribu Utara terlalu jauh jarak tempuhnya.

"Sebetulnya tidak terlalu jauh hanya masalah administrasi, kita harus melalui transportasi laut, mungkin itu yang perlu kebutuhan khusus. Kalau JakGrosi ada di Pulau Karya, jadi lebih dekat ke Pulau Panggang," katanya.

Baca juga: JakGrosir Kepulauan Seribu resmi beroperasi 22 September

Husein juga menyebutkan, kehadiran JakGrosir berdampak sangat signifikan untuk masyarakat termasuk juga sektor pariwisata karena ketersediaan barang terjaga, warga dapatkan stok barang dengan harga yang sama di daratan.

"Sektor wisata otomatis juga terdampak, dengan begitu pelayanan terhadap wisata lebih baik lagi," kata Husein.

Husein menambahkan, rencana penambahan JakGrosir di Kepulauan Seribu masih dalam tahap wacana yang masih perlu dibicarakan lebih lanjut dengan pihak terkait.

"Yang jelas kita akan monitor dan evaluasi keberadaan JakGrosir yang ada saat ini," kata Husein.

Sebelumnya Gubernur Anies Baswedan meresmikan pusat perkulakan JakGrosir Kepulauan Seribu yang terletak di Pulau Tidung Kecil, Minggu (22/9).

Baca juga: JakGrosir molor, Pasar Jaya pasok Kepulauan Seribu lewat SubJakGrosir

Kehadiran JakGrosir agar terjadi kesetaraan harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu dengan daratan Jakarta.

JakGrosir merupakan induk dari JakMart yang ada di Jakarta. Melalui JakGrosir, pedagang bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah dan bersaing.

Selain pedagang yang berada di naungan pasar, ada tiga kategori lainnya yang dapat belanja di JakGrosir, yakni pegawai Pemprov DKI Jakarta, karyawan Perumda Pasar Jaya dan masyarakat yang memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Harga kebutuhan pokok yang ada di Kepulauan Seribu tidak sama dengan harga yang ada di daratan.

Baca juga: 2020 Pasar Jaya bangun dua JakGrosir lagi

Hal ini dikarenakan aksesnya untuk mendapatkan barang kebutuhan tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang tidak murah.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar