Jakarta (ANTARA) -
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Perumda Pasar Jaya terus memantau pergerakan harga bahan pokok di Jakarta dan berusaha menekannya agar makin terjangkau masyarakat.
 
"Perumda Pasar Jaya selalu memonitor kesediaan pangan serta menekan kenaikan harga hingga harga tetap stabil," kata Direktur Perkulakan dan Pemasaran Perumda Pasar Jaya, Anugrah Esa kepada pers di Jakarta, Rabu.

Karena itu, kata dia, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kenaikan harga dan ketersediaan bahan pangan
 
Dalam menyikapi pergerakan harga bahan pokok pada Desember ini, Perumda Pasar Jaya sudah menyiapkan gerai-gerai pangan murah bersubsidi yang disebar di masing-masing wilayah di Jakarta sampai 10 Desember 2022 bagi pemegang kartu KJP/KJP Plus.

Baca juga: Pemkot Jakpus gencarkan pertanian perkotaan
 
Terkait dengan kemungkinan tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mendapatkan pangan murah, Perumda Pasar Jaya mempersiapkan berbagai terobosan, termasuk menyiapkan beberapa mesin pembayaran elektronik (Electronic Data Capture/EDC) untuk menghindari antrean masyarakat.
 
"Karena dipersiapkan di banyak tempat dan pembayaran juga sudah dilakukan secara elektronik, diimbau masyarakat tidak perlu khawatir tidak mendapat kebutuhan pokok," katanya.

Terlebih, kata dia, batas akhir pengambilan pemanfaatan pangan bersubsidi sampai 10 Desember 2022.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyusun kegiatan pasar murah di sejumlah titik untuk menekan kenaikan sejumlah harga pangan menjelang Natal dan akhir tahun 2022.
 
"Kami menyelenggarakan kegiatan pasar murah, bazar pangan serta kegiatan yang berhubungan dengan kestabilan ketersediaan serta harga," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Suharini Eliawati di Jakarta, Rabu (30/11).
 
Adapun titik kegiatan pasar murah itu rencananya dilaksanakan di rumah susun (rusun), RPTRA, kantor kelurahan, kecamatan dan wali kota.

Baca juga: Pasokan bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati aman hingga Maret 2023
 
Meski begitu, ia tidak menjabarkan selisih harga dari harga di pasaran pada kegiatan pasar murah tersebut.
 
Berdasarkan akun Instagram Perumda Pasar Jaya pada Rabu ini, layanan Program Pangan Bersubsidi bagi pemegang kartu KJP/KJP Plus diperpanjang hingga 10 Desember 2022.
 
Dalam keterangan di akun sosial media BUMD bidang pangan itu juga disebutkan bahwa stok bahan pokok lebih lengkap setiap hari di Jakgrosir Induk Kramat Jati.
 
"Gerai pangan bersubsidi buka seperti biasa di jam operasional pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Hari Minggu (gerai) tetap beroperasi," tulis Perumda Pasar Jaya dalam akunnya @perumdapasarjaya, Rabu.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022