Hari Batik Nasional, Kedubes Inggris luncurkan batik persahabatan

Hari Batik Nasional, Kedubes Inggris luncurkan batik persahabatan

Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan sambutan pada peringatan Hari Batik Nasional 2019 di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019). Acara yang mengangkat tema "Membatik Untuk Negeri" tersebut bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik tradisional sebagai warisan budaya Indonesia. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/ama.

Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan Hari Batik Nasional 2 Oktober, Kedutaan Besar Inggris di Jakarta meluncurkan motif batik lambang persahabatan Indonesia-Inggris.

Batik tersebut dibuat untuk merayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Inggris-Indonesia, dengan menggabungkan pola yang menggambarkan budaya Indonesia dan Inggris.

Batik cap dengan motif lambang Kementerian Luar Negeri Inggris yang terdiri atas singa, unicorn dan bunga mawar itu dibuat di Pekalongan, Jawa Tengah, seperti dikutip dari akun resmi Instagram Kedubes Inggris @UKinIndonesia, Rabu.

Baca juga: Menperin sebut batik sebagai "high fashion," duta budaya RI

Motif batik khas Kedubes Inggris itu dicap pada kain biru tua dengan motif warna merah, latar hitam dengan motif coklat dan merah bata serta dasar hitam dengan motif putih dan kuning.

Ide pembuatan batik khas Kedubes Inggris itu muncul dari mantan Atase Pertahanan Kolonel Adrian Campbell-Black.

Baca juga: 500 pembatik terlibat dalam Hari Batik Nasional

"Kini kami akan memberikan batik kami sebagai suvenir bagi para mitra kami, seperti menteri-menteri Indonesia, anggota militer dan tamu-tamu VIP dari Inggris," seperti dikutip dari keterangan foto dari Instagram Kedubes Inggris.

UNESCO menetapkan teknik pembuatan batik tulis dan cap menjadi warisan budaya dunia milik Indonesia pada 2 Oktober 2009.

Sejak itu, pemerintah Indonesia menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Baca juga: Dubes Swiss terkesan dengan dedikasi pembuat batik

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar