Meningkatkan daya kepariwisataan di zaman milenial kita perlu menyiapkan SDM kalangan generasi muda yang memiliki ketajaman dan kecepatan dalam bersosial media
Gianyar, Bali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga membentuk Komunitas Gerakan Maju Pemuda Gianyar Peduli Pariwisata (Gempar Pelita) guna meningkatkan daya saing kepariwisataan di zaman milenial.

“Meningkatkan daya kepariwisataan di zaman milenial kita perlu menyiapkan SDM kalangan generasi muda yang memiliki ketajaman dan kecepatan dalam bersosial media,” kata Agung Gede Agung, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gianyar, Kamis.

Peresmian komunitas yang beranggotakan kalangan siswa-siswi, mahasiswa-mahasiswi dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Gianyar ini dilaksanakan di Obyek Wisata Candi Tebing, Tegallingah.

Kadis Kepemudaan dan Olahraga menambahkan pembentukan komunitas pemuda ini juga merupakan tindak lanjut dari tugas Diklat PIM II Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar sekaligus implementasi Proyek Perubahan dengan Tematik Kepariwisataan. “Komunitas ini juga nantinya diharapkan menjadi promotor dalam mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Gianyar,” katanya.

Ditambahkan, sebelum ditetapkan sebagai komunitas, terlebih dahulu anggota juga diberikan pembekalan berupa bimtek yang bermaterikan Pengetahuan Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Etika Bersosial media selama dua hari (28-29 September) di Hotel Gianyar.

Baca juga: Menpar berharap generasi milenial gerakkan pariwisata

Selanjutnya, dengan dibentuknya komunitas ini akan menjadi bukti kepedulian generasi milenial terhadap perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Gianyar.

“Komunitas ini nantinya bisa diberdayakan oleh semua pihak yang berkepentingan untuk mempromosikan kepariwisataan di Kabupaten Gianyar,” kata pejabat asal Bitera ini.

Acara launching Komunitas Gempar Pelita tersebut dihadiri Asisten II Setdakab Gianyar, I Made Suradnya, perwakilan OPD, KNPI serta anggota Gempar Pelita Kabupaten Gianyar.

Pemkab Gianyar menargetkan kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) tahun 2019 sebanyak 3 juta orang, naik 300.000 orang dibandingkan dengan target pada 2018. Kedatangan wisman ke Kabupaten Gianyar pada 2018 mencapai 2,75 juta orang.

Baca juga: Pekerja pariwisata dominasi kepesertaan Jamsostek Gianyar

Baca juga: Kemenpar berharap milenial promosikan wisata dalam negeri

 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019