ICTI (Indonesia China Tech Ignition) ditujukan untuk menciptakan ekosistem pendukung pengembangan start up di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Universitas Prasetiya Mulya berkerja sama dengan Academy of Internet Finance (AIF) dari Zhejiang University China dan UnionSPACE menghadirkan Indonesia China Tech Ignition di tiga kota yakni Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"ICTI (Indonesia China Tech Ignition) ditujukan untuk menciptakan ekosistem pendukung pengembangan start up di Indonesia," kata Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak di Jakarta, Kamis.

Djisman mengatakan ICTI merupakan wadah bagi para pelaku bisnis start up Indonesia dan China untuk saling berbagi riset dan teknologi serta mendapatkan dukungan bisnis yang dibutuhkan, baik untuk mendapatkan pendanaan investor maupun bimbingan dalam pengembangan skala bisnisnya.

Baca juga: Triplogic dan ITB kembangkan UKM dan startup digital

Djisman mengatakan Prasetiya Mulya memahami pentingnya sumber daya manusia yang tepat untuk perkembangan perusahaan rintisan (start up) karenanya bersama AIF akan menghadirkan program-program pendidikan bagi pelaku bisnis start up agar dapat terus mengembangkan bisnisnya di tingkat nasional dan global.

Prof. Ben Shenglin, Dekan Academy of Internet Finance (AIF) dari Zhejiang University, menyatakan sebagai institusi riset yang memiliki jaringan global, AIF akan menggunakan jejaring investor yang dimilikinya untuk terlibat di sektor bisnis start up di Indonesia.

Selain itu, AIF juga sangat antusias berbagi pengetahuan dan jejaring yang dimilikinya untuk menghasilkan start up-start up unggulan Indonesia yang berpeluang menjadi bisnis yang dipertimbangkan di tingkat global.

Baca juga: Bekraf dorong pelaku startup tajam melihat peluang

Andy Zain selaku perwakilan Board of Directors dari UnionSPACE, salah satu pemimpin pasar dalam bidang penyedia coworking space dan dukungan bisnis lainnya terhadap start up di Indonesia dan Asia Tenggara, menyatakan UnionSPACE siap berkontribusi dan mendukung penuh terhadap inisiatif ini.

Sebagai informasi, ICTI juga akan menggandeng beberapa perusahaan yang sudah terbukti banyak berkontribusi mendukung ekosistem start up, seperti GK Plug and Play, Kejora Ventures, Alibaba Cloud, vOffice, dan IZIN.co.id.

Baca juga: Bekraf-Asosiasi Game rumuskan pengembangan industri digital 2019

Selain itu, akan hadir juga beberapa mitra komunitas yang nantinya akan terlibat dalam inisiatif ini seperti Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), ZhejiangAssociation of Internet Finance(ZAIF), Indonesia E-Commerce Association, HIPMI, dan KADIN Indonesia yang mana anggota komunitasnya dapat merasakan manfaat dari program ICTI secara langsung.

 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019