TNI AU siap fasilitasi pengungsi yang ingin kembali ke Wamena

TNI AU siap fasilitasi pengungsi yang ingin kembali ke Wamena

Dan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo. ANTARA/Evarukdijati/pri.

pengungsi terbanyak diangkut ke Jayapura namun ada juga yang diterbangkan ke Merauke dan Timika
Jayapura (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI-AU Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan pihaknya siap memfasilitasi bila ada pengungsi yang ingin kembali ke Wamena.

TNI AU siap mengerahkan hercules-nya untuk mengangkut kembali pengungsi yang ingin kembali ke Wamena mengingat keamanan di kawasan itu mulai kondusif. Namun hingga kini belum ada yang mendaftar dan menyatakan ingin kembali ke Wamena, kata Marsekal Pertama TNI Tri Bowo kepada ANTARA, Senin.

Ia mengatakan jumlah pengungsi yang diangkut hercules TNI-AU keluar dari Wamena mencapai sekitar 10.000 lebih orang dan yang terbanyak diterbangkan ke Sentani.

Baca juga: TNI-Polri bersama masyarakat kerja bakti setelah kerusuhan Wamena

Baca juga: 50 perantau NTB di Papua dipulangkan ke Bima


“Memang pengungsi terbanyak diangkut ke Jayapura namun ada juga yang diterbangkan ke Merauke dan Timika,” kata Tri Bowo seraya mengakui saat ini masih ada dua hercules namun tidak lagi mengangkut pengungsi yang ingin keluar dari Wamena.

Untuk saat ini, hercules yang ada tidak lagi mengangkut pengungsi karena digunakan untuk mendukung kunjungan Panglima TNI di Papua, katanya.

Aksi demo yang berakhir rusuh pada  (23/9) di Wamena menyebabkan 32 orang meninggal, dan lebih dari seribu bangunan serta kendaraan dibakar serta dirusak. Peristiwa kerusuhan di Wamena telah memicu ribuan orang keluar dari kota itu untuk mencari daerah yang aman atau kembali ke kampung halaman. 

Baca juga: Pengungsi kerusuhan Wamena mulai kembali ke rumah

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KILAS BALIK 2019 - SEPTEMBER: Dari OTT KPK hingga unjuk rasa tolak revisi UU KPK

Komentar