Pemprov beri jaminan keamanan wisatawan festival Bahari Raja Ampat

Pemprov beri jaminan keamanan wisatawan festival Bahari Raja Ampat

Persiapan festival Bahari Raja Ampat 2019 (Foto Antara Papua Barat/ Ernes)

Waisai (ANTARA) - Gubernur Papua Barat memberikan jaminan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat pada pelaksanaan festival Bahari 18 -23 Oktober 2019.

Jaminan tersebut diterbitkan melalui surat Gubernur Papua Barat yang menyatakan bahwa Provinsi Papua Barat terlebih khusus Raja Ampat aman untuk dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Jumat, mengatakan surat jaminan keamanan yang ditandatangani oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan tersebut telah disebarkan kepada travel agar wisatawan mengunjungi Raja Ampat pada Festival Bahari.

Dia mengatakan, situasi Papua akhir-akhir ini membuat wisatawan ragu-ragu bahkan membatalkan kunjungan ke Raja Ampat dan tentunya ini berdampak pada sektor pariwisata di Kabupaten Raja Ampat.

Baca juga: Raja Ampat siapkan tiga lokasi penyelenggaraan festival Bahari

Karena itu, kata dia, Gubernur Papua Barat mengeluarkan surat jaminan keamanan untuk meyakinkan wisatawan bahwa Papua Barat khusus Kabupaten Raja Ampat aman untuk dikunjungi.

Menurut dia, festival Bahari Raja Ampat 2019 juga merupakan salah media untuk menyatakan kepada dunia bahwa Provinsi Papua Barat aman dan wisatawan boleh datang.

"Raja Ampat adalah daerah yang aman dan wisatawan dari manapun dapat berkunjung guna menikmati keindahan alam negeri Bahari di timur Indonesia itu," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa festival Bahari Raja 2019 dilakukan dengan harapan guna mempromosikan pariwisata Papua Barat dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

Baca juga: Tukar sampah dengan koin emas di Festival Bahari Raja Ampat
Baca juga: Festival Pesona Raja Ampat raih CoE Award 2019

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Festival Suling Tambur angkat potensi wisata budaya Raja Ampat

Komentar