Jakarta (ANTARA) -
PT Pertamina Marketing Operation Region III menduga drum bermuatan bahan mudah terbakar di mobil Daihatsu Grandmax yang menyebabkan kebakaran SPBU Setu, Cipayung, Jakarta Timur.
 
"Ditemukan drum dan pompa di dalam mobil yang terbakar di SPBU Cipayung. Diduga kuat drum dalam mobil memuat bahan yang dapat memicu api," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina
Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami di Jakarta, Sabtu.
 
Sebanyak lima drum berikut peralatan pompa ditemukan di dalam bangkai mobil Daihatsu Grandmax yang ditinggal pengemudinya saat terjadi kebakaran SPBU 3413805 di Jalan Pagelarang, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (11/10).
 
"Saat ini aparat Kepolisian tengah mencari pengemudi mobil, untuk mengetahui isi muatan di dalam lima drum tersebut," katanya.

Baca juga: Polisi libatkan forensik ungkap kebakaran SPBU Setu
Baca juga: Saksi mendengar tiga suara ledakan saat kebakaran SPBU Setu
 
Berdasarkan rekaman CCTV, kata Dewi, sumber api diduga bermula dari dalam mobil karena terlihat kilatan dan letupan yang disertai api. Saat itu operator SPBU belum selesai mengisi BBM ke dalam tangki kendaraan.
 
Kemudian api muncul dari bagian depan kendaraan dan pengemudi terlihat langsung keluar dari mobil lalu melarikan diri.
 
Sementara beberapa petugas keamanan SPBU berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan juga alat pemadam api beroda (APAB).
 
"Namun api tidak kunjung padam, bahkan semakin membesar ke bagian belakang mobil hingga akhirnya menyambar dispenser dan bangunan SPBU," katanya.

Baca juga: Pengelola SPBU tepis kebakaran dipicu radiasi ponsel
Baca juga: SPBU Setu rugi Rp500 juta imbas kebakaran
 
Api mulai padam 30 menit kemudian dengan bantuan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur.
 
Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kebakaran mengakibatkan SPBU tidak beroperasi.
 
Sebagai alternatif Pertamina menyarankan warga untuk sementara mengisi BBM di SPBU terdekat, yakni di SPBU 3413803 di Jalan Raya Ceger atau SPBU 3417410 di Jalan Hankam Kranggan, Bekasi.
 
SPBU tersebut berjarak sekitar 4-6 kilometer dari SPBU Jalan Pagelaran Cipayung. Adapun stock BBM dipastikan aman dan tetap dalam pemantauan.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019