Liga Inggris

Klopp tidak ingin beri nasehat kepada Solskjaer

Klopp tidak ingin beri nasehat kepada Solskjaer

Manajer Liverpool Juergen Klopp melakukan gestur selebrasi memukul udara di hadapan suporter seusai mengalahkan Leicester City dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (5/10/2019). (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Juergen Klopp pun sontak tertawa, saat ia menjawab pertanyaan apakah Ole Gunnar Solskjaer membutuhkan kata-kata bijak atau nasehat manakala Manchester United berada dalam krisis.

Pelatih asal Norwegia itu baru memberi dua kemenangan bagi Manchester United sepanjang musim kompetisi 2019-2020 di ajang Liga Inggris.

Berkaca dari hasil itulah, Klopp lantas tidak ingin, bahkan tidak tertarik memberi kata-kata bijak kepada Solskjaer.

"Dia (Solskjaer) tidak membutuhkannya," kata Klopp ketika menjawab pertanyaan kata-kata bijak apa yang hendak diberikan kepada Solskjaer yang kini membesut Manchester United.

Baca juga: Klopp merendah, "kami juara tapi bukan favorit"

Liverpool bakal melakoni laga tandang ke Old Trafford pada Minggu pekan ini. Saat ini Manchester United berada dalam posisi yang jauh dari ideal dalam klasemen Liga Inggris. The Red Devils hanya meraih sembilan poin dari delapan laga.

Manchester United tertinggal 15 poin dari Liverpool. Pasukan asuhan Solskjaer itu kini berada di posisi ke-12 klasemen Liga Inggris pekan ini.

Berangkat dari situasi krisis yang melanda itulah, seorang wartawan asal Norwegia mengajukan pertanyaan kepada Klopp: nasehat apa yang diberikan kepada Solskjaer?

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu langsung tertawa. "Dia (Solskjaer) tidak membutuhkannya. Faktanya, dia sekarang berada di klub itu. Dia pernah menjadi pemain di klub itu, karena itu ia mengetahui segalanya mengenai klub itu."

"Dia kini mengemban tugas sebagai manajer sepak bola. Saya tahu bahwa kerapkali banyak orang mengira bahwa seorang manajer hendaknya meraih sukses. Dia tahu apa arti keberhasilan."

Baca juga: Jurgen Klopp ingin rehat setahun dari sepak bola

Baca juga: Klopp marah besar Salah dicederai Hamza Choudhury


"Begitu banyak manajer mendapat tekanan. Begitu beberapa orang secara internal mulai kehilangan kesabaran, maka kita sebagai manajer harus mengundurkan diri."

"Mereka semua tahu bahwa tidak mudah menjadi manajer di sana. Tidak ada yang kalah melawan Anda karena Anda Liverpool atau karena Anda Manchester United. Ini tentang hal-hal yang Anda lakukan di lapangan."

"Saya pikir Anda tidak perlu khawatir dengan Ole. Dia memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan," kata Klopp sebagaimana dikutip dari laman goal.com.

Baca juga: Joel Matip siap diturunkan lawan Manchester United

Ketika diminta komentar mengenai perbandingan antara situasi yang dihadapi Solskjaer dengan situasinya saat membesut Liverpool, Klopp mengatakan, "Saya tidak tahu situasi persisnya. Tidak penting apa yang Anda tulis, lebih penting apa yang dikatakan dewan, dalam hal ini Ed Woodward, dan apa yang dikatakan keluarga Glazer padanya. Dan saya tidak tahu soal itu."

"Saya ingin setiap manajer di dunia memiliki banyak waktu untuk mengembangkan idenya. Untuk itu, Anda tidak pernah bisa membandingkan situasi. Ada beda antara situasi yang saya alami dengan situasi mereka sekarang," katanya.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar