Persiapan pertemuan forum negara kepulauan di Sulut terus dimatangkan

Persiapan pertemuan forum negara kepulauan di Sulut terus dimatangkan

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen pada rapat mematangkan persiapan forum negara-negara pulau dan kepulauan di Manado, Senin (21/10/2019). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulut))

AIS Forum 2019 adalah pertemuan setingkat menteri dalam rangka kerja sama pembangunan negara-negara pulau dan kepulauan
Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mematangkan persiapan pelaksanaan pertemuan Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2019 di Manado pada akhir Oktober 2019.

"AIS Forum 2019 adalah pertemuan setingkat menteri dalam rangka kerja sama pembangunan negara-negara pulau dan kepulauan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen di Manado, Senin.

Ia menjelaskan rapat mematangkan persiapan forum tersebut dihadiri pemangku kepentingan terkait seperti perwakilan Forkopimda, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulut hingga kalangan perhotelan.

"Kami optimistis manakala semua persiapan dimatangkan Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan bisa terselenggara baik," ujarnya.

Menurut Silangen, rapat persiapan ini menjadi wujud konsistensi tekad dan komitmen mendukung dan mensukseskan setiap agenda berskala nasional dan internasional yang dilaksanakan di Sulut.

"Mari kita manfaatkan pertemuan ini sebagai wahana saling bersinergi, saling menopang, bekerja bersama, memparipurnakan persiapan pelaksanaan AIS Forum 2019 di Sulawesi Utara, sehingga pada waktunya nanti terselenggara baik, tanpa kendala, dan sukses," katanya.

Pertemuan tersebut membahas persiapan dan kebutuhan, antara lain usulan acara festival makanan, ketersediaan akomodasi yang terpusat, dan kesiapan Liaison Officer (LO) oleh "event organizer".

Selain itu, kesiapan lokasi pelaksanaan AIS Forum, jenis penampilan budaya yang akan ditonjolkan, venue, "lighting", dan pengamanan.

"Kami berharap masyarakat ikut menjaga keamanan sehingga memberikan kenyamanan bagi setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini," demikian Edwin Silangen.

Baca juga: Indonesia inisiasi forum negara pulau-kepulauan

Baca juga: AIS Forum 2019 jadi wadah negara-negara pulau dan kepulauan

Baca juga: Delegasi SOM sepakati deklarasi pembentukan Forum Negara Kepulauan

Baca juga: Memperkuat kapasitas negara kepulauan hadapi perubahan iklim

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemudik tujuan Bitung dan Manado padati Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

Komentar