Alonso turun di reli Dakar 2020 bersama Toyota

Alonso turun di reli Dakar 2020 bersama Toyota

Dokumentasi: Fernando Alonso yang beralih dari Formula Satu ke Indy 500 (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Formula 1 dua kali Fernando Alonso akan turun di reli Dakar pada Januari tahun depan bersama Toyota, demikian diumumkan pabrikan asal Jepang itu, Kamis.

Keputusan itu sudah bukan rahasia lagi mengingat Alonso pernah mengikuti reli di Afrika Selatan dan Maroko sebagai persiapan bersama pebalap senegara Spanyol dan mantan juara reli Dakar kategori motor Marc Coma sebagai co-driver.

Tugas baru Alonso bersama Toyota tersebut diumumkan satu pekan jelang kejuaraan reli dunia (WRC) yang tiba di babak Spanyol akhir pekan ini, demikian dilaporkan Reuters.

Baca juga: Fernando Alonso kecelakaan tabrak dinding pembatas

"Setelah Formula 1, saya mulai menemukan sejumlah hal baru di dunia balap dan balapan-balapan paling ikonik."

"Saya mulai dengan Kejuaraan Ketahanan Dunia, kami menjuarai Le Mans dua kali dan juga kejuaraan dunia... keluarga yang saya temui di dalam Toyota membuka mata saya untuk kesempatan-kesempatan lainnya.

"Salah satu kesempatan itu adalah ini, Dakar. Balapan paling keras di planet ini," kata Alonso seperti dikutip BBC.

Baca juga: Alonso puji performa McLaren, tapi tak tertarik balik ke F1

Reli Dakar sejak dimulai 1978 menempuh rute Paris hingga Senegal. Namun karena kondisi politik yang bergejolak di sekitar Sahara, reli dipindah ke Amerika Selatan pada 2009 kemudian edisi 2020 nanti akan dipindah ke Arab Saudi untuk pertama kalinya.

Dakar di Saudi digelar mulai 5 Januari di Jeddah dan finis di luar Qiddia pada 17 Januari.

Nasser al-Attiyah, juara bertahan Dakar, akan kembali membalap untuk Toyota. Pereli asal Qatar itu juga merupakan juara reli Dakar edisi 2011 dan 2015.

Alonso (38) pensiun sebagai pebalap Formula 1 tahun lalu dan kini juga sedang mengincar kemenangan di Indianapolis 500 untuk melengkapi titel Tiga Mahkota dunia balap otomotif setelah memenangi dua seri di Le Mans (2018 dan 2019) dan Grand Prix Monako (2006 dan 2007).

Baca juga: Alonso ukir prestasi di balap 14 Daytona

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar