Sampah plastik sudah menjadi ancaman global. Kita harus semakin bijak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Kurangi, kalau bisa jangan digunakan, ganti dengan kantong ramah lingkungan
Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyosialisasikan bijak menggunakan kantong plastik saat melepas gerak jalan santai memperingati HUT Bintang Sport Comunity (BSC) ke-3 di Museum Adityawarman, Kota Padang, Minggu.

"Sampah plastik sudah menjadi ancaman global. Kita harus semakin bijak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Kurangi, kalau bisa jangan digunakan, ganti dengan kantong ramah lingkungan," katanya pada acara tersebut.

Ia menyebut gaya hidup sehat yang dikampanyekan BSC melalui jalan santai, harus diiringi pula dengan perilaku cinta lingkungan salah satunya dengan bijak menggunakan kantong plastik.

Jalan santai, kata dia, merupakan olahraga "murah meriah" yang bisa memberikan kebugaran tubuh. Jenis olahraga itu juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Sementara bijak menggunakan plastik, tambahnya, merupakan sebuah gerakan untuk membiasakan diri mencintai lingkungan dan mengurangi pencemaran.

"Dua kegiatan itu, jalan santai dan bijak menggunakan plastik bermuara pada hal yang sama, yaitu kesehatan," katanya.

Tidak hanya pada peserta jalan santai, Nasrul juga aktif mendatangi masyarakat di sepanjang rute jalan santai untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik.

Sebelumnya, ia bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga melakukan sosialisasi bijak menggunakan plastik di Danau Singkarak, karena perairan itu sudah tercemar oleh plastik.

Jalan santai HUT BSC ke-3 itu ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Ratusan anggota komunitas BSC kemudian berjalan santai menyelusuri jalanan Diponegoro dan sepanjang jalan pantai Padang dengan jarak tempuh lebih kurang 5 kilometer.

Ratusan orang itu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga: Padang gencarkan sosialisasi pengurangan sampah plastik

Baca juga: Nelayan Sumbar diminta ikut jaga kebersihan laut

Baca juga: Pemkab Tanah Datar-Sumbar imbau warga kurangi penggunaan wadah plastik

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019