Gmail dengan tema gelap meluncur di Android dan iOS

Gmail dengan tema gelap meluncur di Android dan iOS

Mode gelap atau Dark Theme di Gmail. (ANTARA/Google)

Jakarta (ANTARA) - Gmail memang telah merilis fitur tema gelap (dark theme) pada akhir September 2019, tapi pengguna masih harus menunggu 15 hari setelah peluncuran untuk menerapkan fitur tersebut pada perangkat mereka.

Para pengguna, seperti dilansir CNET, Mingu, dapat menerapkan fitur tersebut pada bagian pengaturan aplikasi Gmail pada sistem operasi Android 10 dan iOS 13.

Fitur tema gelap semakin diminati para pengembang aplikasi. Sebelum Apple dan Google mengusungnya, popularitas tema gelap untuk aplikasi sudah meningkat, misalnya Facebook Messenger yang menghadirkan fitur itu lebih dahulu.

Dengan fitur tema gelap, pengguna dapat menghemat daya tahan baterai dan layar ponsel akan lebih "ramah" mata pada malam hari.

Baca juga: Fitur Gmail paling dinanti akhirnya datang untuk Android dan iOS

Google pertama kali menambahkan tema gelap ke pembaruan Android 9 awal 2019. Tapi, fitur tersebut tidak muncul di aplikasi manapun.

Di Android 10, penerapan tema gelap jauh lebih luas, dan aplikasi yang menggunakan tema sistem default tersebut akan secara otomatis mengadopsi tema gelap ketika pengguna mengaktifkannya.

Versi baru sistem operasi seluler Apple juga menerapkan tema gelap tersebut secara luas, mulai dari wallpaper, widget dan notifikasi, hingga aplikasi kalender dan pesan.

Baca juga: Cara memasang mode gelap pada Gmail

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ini cara Google batasi hoaks soal COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar