Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir lebih rendah pada perdagangan Rabu, karena para investor berhati-hati menjelang serangkaian data ekonomi domestik dan internasional yang akan dirilis dalam beberapa hari mendatang.

Pada penutupan perdagangan, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 55,90 poin atau 0,83 persen menjadi 6.689,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas berkurang 53,80 poin atau 0,79 persen menjadi 6.794,70 poin.

"Untuk pertama kalinya dalam delapan sesi perdagangan, pasar saham Australia telah menemukan dirinya di wilayah negatif," analis pasar Commsec, Steven Daghlian mengatakan kepada investor dalam laporan pasar sore.

Baca juga: Pasar Australia dibuka lebih rendah jelang rilis data inflasi domestik

"Tampaknya ada beberapa kehati-hatian menjelang akhir yang sibuk untuk minggu ini, dari keputusan suku bunga di AS dan Jepang, hasil keuntungan dari Apple dan Facebook, serta dua bank utama kami [di Australia] di dua sesi berikutnya."

"Tapi hari ini yang menyeret kami sedikit lebih rendah adalah pembaruan inflasi yang sejalan dengan ekspektasi untuk kuartal September. Harga konsumen hanya naik 0,5 persen selama periode itu dan naik 1,7 persen untuk tahun ini."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,96 persen, Westpac Bank turun 0,63 persen, National Australia Bank turun 0,62 persen dan ANZ turun 1,04 persen.

Baca juga: Meskipun diawali kenaikan kuat, pasar saham Australia cenderung datar

Saham-saham pertambangan merosot dengan BHP turun 1,15 persen, Rio Tinto turun 1,09 persen, Fortescue Metals turun 1,90 persen dan penambang emas Newcrest turun 2,20 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas tersendat dengan Woodside Petroleum turun 0,52 persen, Santos turun 0,24 persen dan Oil Search turun 1,24 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia merosot dengan Coles Group turun 1,13 persen dan Woolworths turun 1,41 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra berkurang 1,69 persen, operator nasional Qantas menguat 0,92 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,57 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019