kami mempunyai peran mandatory dari ini adalah sebagai mitra diharapkan mendukung destinasi-destinasi menjadi tujuan wisata
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja yang memimpin perusahaan penerbangan tak berjadwal helikopter terpilih menjadi ketua Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Inaca) periode 2019-2022.

Terpilihanya Denon berdasarkan hasil Rapat Umum Anggota (RUA) yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat yang juga mengumumkan kepengurusan baru.

Pengurus baru itu di antaranya Sekretaris Jenderal Inaca Bayu Sutanto; Ketua Penerbangan Berjadwal Wuri Septiawan (AirAsia Indonesia), Ketua Penerbangan Tidak Berjadwal, Arif Wibowo (AirFast Indonesia) dan Ketua Penerbangan Kargo Muhammad Ridwan (My Indo Airlines).

Baca juga: Menhub minta maskapai kembangkan lima Bali baru

Denon mengatakan, pihaknya akan mendukung program pemerintah yang tengah mengembangkan lima Bali Baru, terutama dalam mengoptimalkan penerbangan tidak berjadwal.

“Banyak program-program dari pemerintah perlu dipahami dulu, kami mempunyai peran mandatory dari ini adalah sebagai mitra diharapkan mendukung destinasi-destinasi menjadi tujuan wisata,” katanya.

Ia juga akan menyasar lebih banyak pelaku usaha di industri penerbangan, terutama yang masih di luar anggota Inaca agar berkontribusi memberikan pemecahan masalah yang solutif.

Namun demikian, aspek profitabilitas juga menjadi landasan penting dalam menunjang keberlangsungan industri penerbangan nasional.

Baca juga: INACA dukung Kabinet Indonesia Maju tingkatkan industri pariwisata

“Dukungan pemangku kepentingan juga menjadi kunci penting bagi keberlanjutan bisnis industri penerbangan nasional dengan mengedepankan semangat sinergi dalam memajukan industri penerbangan nasional untuk Indonesia Maju,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, mendorong Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) mendukung pembentukan lima Bali Baru.

Budi mengatakan hal tersebut sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai pengembangan lima Bali Baru yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

Ia memastikan Kemenhub selaku regulator akan memberikan dukungan. Dia mengakui dalam dunia penerbangan banyak regulasi dan tekanan mulai dari harga avtur dan sewa pesawat yang mahal.

“Kita akan membantu untuk mencari jalan keluar agar dunia aviasi tetap berjalan dengan baik. Karena dunia aviasi menyatukan Indonesia menjangkau titik terluar dan menjadi amanah kita semua,” jelasnya.

Baca juga: INACA miliki kantor sekretariat baru
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019