Kadisbintalad napak tilas pahlawan Gorontalo Nani Wartabone

Kadisbintalad napak tilas pahlawan Gorontalo Nani Wartabone

Kepala Dinas Pembinaan Mental Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kadisbintalad) Brigjen TNI Asep Syaripudin melakukan ziarah padakegiatan napak tilas di taman makam pahlawan Nasional Nani Wartabone di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Senin (4/11/2019). ANTARA/HO-Aspri.

bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan
Gorontalo (ANTARA) - Kepala Dinas Pembinaan Mental Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kadisbintalad) Brigjen TNI Asep Syaripudin melakukan serangkaian kegiatan napak tilas di taman makam pahlawan Nasional Nani Wartabone di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Senin.

"Hal ini dilakukan untuk lebih mengenalkan sepak terjang dan perjuangan dari pahlawan nasional Nani Wartabone untuk pembinaan mental dan ideologi kejuangan Angkatan Darat," ujarnya.

Pada kegiatan itu juga, dilakukan penyerahan buku sejarah perjuangan Nani Wartabone dari pihak keluarga kepada Brigjen TNI Asep.

Baca juga: Korem 133/Nani Wartabone Gorontalo lakukan bersih Danau Limboto
Baca juga: Gorontalo akan pugar Makam Nani Wartabone


"Saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan dari pihak keluarga Nani Wartabone untuk menyambut baik kegiatan ini yang juga bertujuan untuk mengenalkan kembali kepada masyarakat akan sepak terjang Nani Wartabone," ucapnya.

Usai melakukan ziarah dan bertemu keluarga Nani Wartabone, rombongan melakukan upacara di monumen Nani Wartabone di Taruna Remaja Kota Gorontalo dalam mengenang lintas sejarah patriotik 23 Januari 1942.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan, maka kita sebagai prajurit TNI-Polri dan segenap komponen masyarakat mengenang kembali jasa pahlawan nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November, dimana saat ini kita mengenang jasa pahlawan sejati kebanggaan masyarakat Gorontalo dan juga kebanggaan seluruh bangsa Indonesia," jelasnya.

Menurutnya, memperingati hari pahlawan tidak hanya mengingat aksi heroik dalam perjuangan, namun harus bisa meneladani keutamaan-keutamaan para pahlawan yang berjiwa nasionalis dan militan.

Kegiatan Napak tilas pahlawan nasional Nani Wartabone diikuti oleh para pejabat TNI-Polri serta aparat pemerintah daerah.

Baca juga: Pelajar Surabaya merahputihkan Tugu Pahlawan, peringati Hari Pahlawan
Baca juga: IKPN: Terus sosialisasi tumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan
Baca juga: 20 nama diusulkan jadi calon Pahlawan Nasional

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Museum Juang Taruna, saksi perjuangan para pahlawan

Komentar