Kigali, Rwanda (ANTARA) - Presiden Rwanda Paul Kagame telah mengangkat menteri luar negeri baru dalam perombakan kabinet, demikian isi satu pernyataan yang disiarkan lembaga penyiaran Radio Rwanda pada Senin larut malam (4/11).

Diplomt senior baru di Negara di Afrika Tengah tersebut, politikus kawakan Vincent Biruta, akan menggantikan Richard Sezibera --yang tak pernah muncul di hadapan umum selama berbulan-bulan.

Baca juga: 'Ganggu ketertiban umum', pastor asal AS ditangkap polisi Rwanda

Ketidakmunculan Sezibera di depan umum telah menyulut spekulasi bahwa mungkin telah jatuh sakit, kata Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Telepon dari Reuters pada Selasa ke kantor presiden dan pejabat lain pemerintah untuk meminta komentar mengenai prombakan itu tidak dijawab.

Baca juga: 200 lebih jasad korban genosida Rwanda ditemukan

Biruta telah menjadi menteri lingkungan hidup Rwanda sejak Agustus 2017 tapi memangku peran lain termasuk ketua senat antara 2003 sampai 2011.

Ia juga adalah Kepala Partai Sosial Demokrat (SDP), yang berkoalisi dengan Partai Front Patrioritk Rwanda (RPF), yang memerintah dan dipimpin oleh Kagame.

Baca juga: Rwanda musnahkan 55 ton amunisi

Perubahan lain dalam perombakan tersebut meliputi Patrick Nyamvumba, yang diangkat menjadi Menteri Keamanan Nasional. Ia telah bekerja sebagai kepala pasukan pertahanan.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019