PMI obati puluhan korban banjir Aceh Barat

PMI obati puluhan korban banjir Aceh Barat

Anggota PMI membantu korban banjir usai mendapatkan pengobatan massal di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Jumat (8/11/2019). ANTARA/HO/PMI Aceh Barat

Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 54 orang warga korban banjir di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat mendapatkan pengobatan massal yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Puskesmas setempat, Jumat (8/11).

"Rata-rata korban banjir yang kita obati mengalami penyakit kulit seperti gatal-gatal," kata staf penanggulangan bencana PMI Kabupaten Barat Romi Saputra.

Baca juga: Ratusan korban banjir di Aceh Barat masih mengungsi

Selain itu, korban banjir di daerah ini juga mengalami penyakit umum seperti demam, batuk, flu, dan mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Pengobatan tersebut juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian PMI Kabupaten Aceh Barat, kepada masyarakat khususnya korban bencana alam.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat selidiki penyebab ambruknya jembatan rangka baja

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar ke depan dapat menjaga kesehatan, kebersihan serta lebih peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu, staf kesejahetraan sosial PMI Aceh Barat Yuyun mengatakan pengobatan massal kepada korban banjir dilakukan bersama tim medis dari Puskesmas Arongan Lambalek, agar memastikan kesehatan masyarakat paskabanjir besar di daerah itu semakin lebih baik.

Baca juga: Banjir di Aceh Barat mencapai 1,5 meter, warga mengungsi

"Pekan lalu juga sudah dilakukan pengobatan oleh Puskesmas. Hari ini kami datang lagi untuk mengobati masyarakat, agar benar-benar sembuh," katanya menambahkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PMI Sultra waspadai penularan penyakit melalui transfusi darah

Komentar