Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan luas

Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan luas

Dolar Australia, dan perdagangan saham naik. ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Sektor perawatan kesehatan memimpin kenaikan, naik lebih dari satu persen
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia meningkat pada Selasa pagi dengan keuntungan meluas di semua sektor pada awal perdagangan, mengikuti kondisi internasional yang kuat.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 36,90 poin atau 0,55 persen menjadi 6.768,30 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 35,90 poin atau 0,53 persen pada 6.871,50 poin.

Sektor perawatan kesehatan memimpin kenaikan, naik lebih dari satu persen. Mengikuti mereka adalah saham-saham sektor industri, teknologi dan energi.

Sektor yang kurang mengesankan adalah material, yang hanya naik moderat karena harga komoditas beragam.

"Merger dan kesepakatan akuisisi membantu mengangkat saham semalam dengan latar belakang membaiknya prospek perdagangan. Dampak gabungan dari merger perdagangan dan rekor tingkat pembelian kembali saham perusahaan memberikan langkah lebih lanjut untuk saham AS," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Investor Australia akan mempertimbangkan efek serupa setelah kelompok Mengniu China berusaha membeli aset Australia dari kelompok perusahaan minuman dan makanan Lion dengan harga 600 juta dolar Australia (406,5 juta dolar AS)."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank naik 0,35 persen, National Australia Bank naik 0,31 persen dan Westpac Bank naik 1,19 persen), namun ANZ turun 0,02 persen.

Saham-saham pertambangan bervariasi dengan BHP turun 0,11 persen, Rio Tinto naik 0,32 persen, Fortescue Metals naik 1,55 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,33 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melambung dengan Oil Search naik 0,14 persen, Santos naik 0,25 persen dan Woodside Petroleum naik satu persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles naik 1,21 persen dan Woolworths naik 0,59 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai nasional Qantas naik 1,24 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 1,35 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia naik didukung kenaikan harga bijih besi
Baca juga: Pasar saham Australia mengawali pekan ini dengan catatan positif
Baca juga: Pasar saham Australia dibuka menguat, S&P/ASX 200 naik 0,36 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar