SEA Games 2019

Road race diharapkan bikin kejutan di SEA Games 2019

Road race diharapkan bikin kejutan di SEA Games 2019

Pelatih kepala timnas balap sepeda Indonesia Dadang Harris Poernomo. ANTARA/Bayu Kuncahyo

Jakarta (ANTARA) - Tim balap sepeda Indonesia disiplin road race diharapkan membikin kejutan pada SEA Games 2019 Filipina meski tidak ditargetkan untuk mendulang medali emas pada kejuaraan dua tahunan terbesar di Asia Tenggara itu.

"Persiapan sudah dilakukan dengan baik. Ujicoba juga sudah dilakukan. Dan peak-nya pada SEA Games nanti," kata pelatih kepada timnas balap sepeda Indonesia, Dadang Harris Poernomo di sela pelepasan timnas di Jakarta, Selasa.

Pada disiplin road race, Indonesia mengirimkan pebalap putra dan putri. Untuk putra yang bakal turun di ITT adalah Aiman Cahyadi. Pebalap PRCT itu juga akan turun di nomor TTT bersama Robin Manullang, Muhammad Abdulrohman dan Odie Setiawan.

Aiman juga akan turun di nomor individual road race (jalan raya) bersama Muhammad Abdurrohman, Sandy Nur Hasan,Odie Setiawan, Robin Manullang dan Jamalidin Novardianto. Sedangkan untuk putri hanya Ayustina Delia Priatna yang turun di ITT dan individual road race.

Dadang menyadari persaingan bakal ketat dan kondisi di lapangan berbeda dengan disiplin lain. Untuk individual road race banyak dinamika sering terjadi. Apalagi tuan rumah jelas bakal mengejar hasil yang terbaik.

Baca juga: Filipina lawan terberat tim road race Indonesia

"Di road race itu butuh kerja sama. Makanya yang diturunkan itu ada yang sprinter maupun climber. Dinamika di jalan juga berubah-ubah. Makanya dibutuhkan kerjasama tim yang baik. Beruntung pebalap kita cukup berpengalaman," kata Dadang menambahkan.

"Semoga road race bisa bikin kejutan, meski tuan rumah Filipina, Thailand, Malaysia maupun Vietnam bakal tidak tinggal diam," kata mantan pebalap BMX nasional itu.

Baca juga: Balap sepeda bidik dua emas pada SEA Games 2019

Sementara itu cabang olahraga balap sepeda menargetkan merebut tiga medali emas di SEA Games 2019. Target itu berbeda dengan target yang dibebankan oleh NOC Indonesia yaitu dua medali emas.

"Target NOC dua emas, satu perak, satu perunggu. Tapi target PB ISSI ternyata lebih tinggi, tiga emas, satu perak dan satu perunggu," kata Ketua NOC Indonesia yang juga Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari.

Target emas sendiri menurut kepala pelatih timnas balap sepeda Dadang Harris Poernomo, diharapkan berasal dari disiplin MTB dua emas. Satu dari nomor cross country putra dan satu lagi dari nomor downhill baik putra maupun putri. Dan emas satu lagi dari BMX.

Untuk cross country harapan emas dibtangan Zaenal Fanani, downhill harapan di tangan Tiara Andini Prastika, Andy Prayoga dan Popo Ariyo Sejati. Sedankan BMX di tangan I Gusti Bagus Saputra atau Rio Akbar.

Baca juga: Ayustina dapat modal berharga sebelum ke SEA Games 2019

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Salah strategi, medali emas road race individual putri lepas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar