Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, gelaran Gubernur Kalteng Cup Road Race road to UCI MTB Eliminator World Cup, menjadi pemacu untuk lebih berkembangnya cabang olahraga balap sepeda di daerah khususnya provinsi setempat.
 
"Ini momentum bagi atlet sepeda daerah untuk bersaing dan berbagi pengalaman dengan para atlet nasional," katanya usai penutupan Gubernur Kalteng Cup di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dia mendorong Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) maupun pihak terkait lainnya, bersinergi bersama pemerintah daerah agar semakin mengoptimalkan pengembangan cabang olahraga sepeda di Kalteng, mulai dari 'roadbike' maupun 'mountainbike'.
 
Ke depan pemprov terus mendorong agar pembinaan para atlet sepeda di Kalteng bisa semakin ditingkatkan lagi, serta didukung dengan penyelenggaraan berbagai agenda turnamen yang dilakukan secara berkala dan teratur.
 
 
 
"Seperti halnya Gubernur Kalteng Cup Road Race pada hari ini yang sukses terselenggara, kita bersyukur mendapat respon yang sangat baik dari para atlet, tak hanya Kalteng namun juga luar daerah," tuturnya.
 
Edy menyebut, antusiasme yang ditunjukkan para atlet utamanya 'top rider' nasional dalam agenda ini, menunjukkan sangat dinantikannya turnamen-turnamen olahraga khususnya sepeda berskala besar.
 
Adanya turnamen menjadi wadah strategis bagi para atlet untuk mengasah mental bertanding, dengan saling bersaing antara satu dan lainnya. Melalui turnamen, para atlet juga dapat mengukur sejauh mana peningkatan kemampuan yang dimiliki.
 
"Pemprov Kalteng tentu akan selalu mendukung pengembangan olahraga di daerah, melalui perangkat daerah yang membidangi dengan berbagai program dan kegiatan yang dimiliki," ucapnya.
 
Lebih lanjut dia mengatakan, agenda Gubernur Kalteng Cup Road Race 2022 ini, sebagai 'pra event' menyongsong kejuaraan dunia sepeda UCI MTB Eliminator World Cup 2022 pada 28 Agustus 2022 mendatang, yang juga bertujuan mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama berpartisipasi menyukseskan agenda internasional tersebut nantinya.
 
Adapun pada Gubernur Kalteng Cup ini, ada seratus lebih peserta yang berpartisipasi terbagi di sebanyak lima kategori, yakni Master A, Master B, Men Junior, Women 17 Up, serta Men Elite. Masing-masing kategori telah mendapatkan pemenangnya.


Baca juga: Arena balap UCI MTB Kalteng mampu menampung ribuan penonton
Baca juga: Moeldoko: UCI MTB momentum kenalkan Kalteng kepada dunia
Baca juga: Pembangunan arena kejuaraan dunia sepeda di Kalteng masuki tahap akhir

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022