Bola Basket

Targetkan emas Olimpiade, Australia rekrut pelatih NBA

Targetkan emas Olimpiade, Australia rekrut pelatih NBA

Pelatih Philadelphia 76ers Brett Brown. (REUTERS/USA TODAY Sports/Dan Hamilton)

Kita akan ke Olimpiade 2020 untuk memenangkan medali emas
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Philadelphia 76ers Brett Brown dibebani target medali emas Olimpiade Tokyo tahun depan setelah diangkat sebagai pelatih timnas basket Australia, Rabu.

Brown, yang pernah melatih The Boomers antara 2009-2012, menggantikan Andrej Lemanis yang mengantarkan Australia menempati urutan keempat Olimpiade Rio 2016 dan Piala Dunia Basket di China belum lama ini.

Brown sudah hafal pola permainan Australia karena pernah melatih Melbourne Tigers, North Melbourne Giants dan Sydney Kings dalam liga basket elite Australia.

"Manakala kesempatan melatih The Boomers musim panas mendatang di Tokyo datang, saya teringat kepada sejarah mendalam saya bersama Australia dan bola basket Australia," kata pelatih berusia 58 tahun itu seperti dikutip Reuters.

"Saya menganggap sebagai tugas yang harus dicoba dan mengantarkan dengan cara apa pun yang saya bisa."

Baca juga: Tundukkan Warriors, Doncic kembali cetak triple double buat Mavericks

"Ini adalah misi kami dan pesan saya kepada tim kami: Kita akan ke Olimpiade 2020 untuk memenangkan medali emas. Saya memahami magnitudo pernyataan ini. Saya merasa tidak bertanggung jawab jika punya tujuan selain ini," sambung dia.

Brown pernah melatih Australia sampai perempat final Olimpiade London ketika dikalahkan oleh tim yang akhirnya juara, Amerika Serikat.

Lemanis, yang menggantikan Brown setelah Olimpiade London, membawa tim muda Australia dengan bintang-bintang NBA ke Olimpiade Rio tetapi gagal mempersembahkan medali pada Olimpiade ke-14 kali berturut-turut.

Lemanis disebut-sebut tidak akur dengan para pemain kunci sampai Ben Simmons dan Jonah Bolden mundur memperkuat Australia pada Piala Dunia lalu.

"Adalah keyakinan saya Boomers mendapatkan medali pada Olimpiade Tokyo, pelatih yang paling tepat untuk mewujudkan itu adalah Brett Brown," kata Lemanis.

Baca juga: Tidak lagi main untuk Trail Blazers, Gasol berpeluang melatih

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menpora minta proposal anggaran Olimpiade 2020 lebih awal

Komentar