Jakarta (ANTARA) - Timnas Basket Putra menjajal skuat RANS PIK Basketball sepulangnya dari uji coba di Australia 24 April lalu untuk mematangkan hasil pemusatan latihan dengan memenangkan laga uji tanding tersebut dengan skor 91-71 di GBK Arena Senayan Jakarta.

"“Uji coba ini dilakukan untuk melihat perkembangan pemain setelah dari Australia sekaligus menjaga pemain dalam suasana kompetisi jelang pelaksanaan SEA Games 2023 Kamboja,” kata Asisten Pelatih Timnas Elit Putra Johannis Winar dalam keterangan tertulis, Sabtu

Pada pertandingan uji coba melawan RANS PIK Basketball, Lester Prosper menjadi penyumbang poin terbanyak bagi Timnas Basket Putra dengan 21 angka, 13 rebound, dan 1 assist. Disusul kemudian Dame Diagne 17 poin serta 3 rebounds.

Sedangkan dari RANS, Akeem Scott menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 22 poin, 6 rebound, dan 3 assist.

Baca juga: Timnas basket putra raih kemenangaan keempat di Australia

Asisten pelatih yang karib disapa Coach Ahang ini mengatakan sisa waktu yang ada sebelum timnas bertolak ke Kamboja akan dimanfaatkan untuk membenahi kekurangan yang ada selama latihan. Harapannya, para pengawa timnas bisa tampil meyakinkan saat pertandingan resmi di Kamboja nanti.

“Terkait progres Timnas Elit Putra, kami terus melakukan evaluasi setiap hari. Pada uji coba melawan RANS PIK ini, kami masih menyoroti kinerja pemain saat defense dan offense, juga saat transisi,” katanya.

Sebelumnya, Timnas Elit Putra sudah menggelar pemusatan latihan pada 23 Maret 2023 lalu dalam menghadapi rivalitas di SEA Games 2023 Kamboja. Kemudian dilanjutkan uji coba ke Australia pada 4 hingga 24 April 2023 melawan klub-klub Liga Basket Australia atau NBL1.

Ada sembilan partai uji coba selama di Negeri Kanguru, dengan empat di antaranya dimenangkan Timnas Elit Putra dan sisanya menjadi kekalahan.

Upaya ini dilakukan demi bawa bangga Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja pada 5-17 Mei nanti. Pada multievent antarnegara ASEAN itu, PP Perbasi menargetkan Timnas Elit Putra pertahankan medali emas yang diraih pada SEA Games Hanoi lalu.

Baca juga: TC di Australia, Perbasi targetkan pertahankan emas SEA Games

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023