Jayapura (ANTARA) - Komisi I DPR RI mendorong adanya peningkatan koordinasi dan sinkronisasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) sehingga terjadi sinergitas secara teknis dalam tugas serta kewenangan masing-masing.

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas di Jayapura, Jumat, mengatakan sinergitas ini bertujuan masing-masing pihak dapat lebih sinkron dalam mengawal kebijakan-kebijakan nasional dan daerah yang bersentuhan langsung dengan kepentingan rakyat.

"Hal ini juga bertujuan agar lembaga rakyat ini dapat teruji dan lebih terpercaya oleh masyarakat khususnya dalam menjaga keamanan di wilayah Papua," katanya.

Menurut Yan Mandenas, keamanan di Papua kini menjadi perhatian semua pihak sehingga hal ini juga harus menjadi fokus agar bagaimana menjaga kondisi Bumi Cenderawasih tetap aman khususnya menjelang 1 Desember 2019.

"Kami terus memantau penjagaan keamanan di Papua yang dilakukan oleh instansi-instansi terkait," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk itu, dukungan kepada DPRP dalam menjalankan kewenangannya untuk memantau kinerja aparat keamanan dalam mengamankan wilayah Papua terus diberikan.

"Selain itu, kami juga terus mengingatkan TNI dan Polri di Papua agar memprioritaskan Orang Asli Bumi Cenderawasih (OAP) dalam setiap perekrutan anggotanya," katanya.

Dia menambahkan, hal ini bertujuan agar ada rasa saling memiliki sehingga situasi dan kondisi keamanan di wilayah Papua dapat terus terjaga secara maksimal.

Baca juga: Ke Papua jelang HUT OPM, Mahfud: Kunjungan biasa

Baca juga: Gandeng ormas di Jakarta, Laskar Palapa serukan Papua damai

Baca juga: Menkopolhukam dijadwalkan lepas mahasiswa kembali ke kota studinya

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019