Liga Belanda

AZ Alkmaar jaga selisih poin dari puncak, Feyenoord atasi Zwolle

AZ Alkmaar jaga selisih poin dari puncak, Feyenoord atasi Zwolle

Gelandang AZ Alkmaar Calvin Stengs (kanan) beraksi dalam laga lanjutan Liga Belanda kontra VVV Venlo di Stadion Cars Jeans, Den Haag, Belanda, Minggu (1/12/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@AZAlkmaar)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar menjaga selisih enam poin dari puncak klasemen Liga Belanda usai mengalahkan VVV Venlo, saat di pertandingan lain Feyenoord mampu mengatasi perlawanan PEC Zwolle dalam rangkaian laga pekan ke-15.

Menjamu VVV di Stadion Cars Jeans, AZ memetik kemenangan 1-0 berkat gol yang disumbangkan Yukinari Sugawara, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Kemenangan itu membuat AZ terus membuntuti sang pimpinan klasemen sementara, Ajax, dengan selisih enam poin. AZ kini mengoleksi 35 poin sementara Ajax yang meraih poin sempurna di pertandingan lebih awal telah mengumpulkan 41 poin.

Baca juga: Tiga gol Noa Lang bawa Ajax taklukan Twente 5-2

Kendati menguasai jalannya pertandingan, AZ baru membuat seisi stadion bersorak pada menit 39 melalui sepakan keras mendatar Yunikari Sugawara dari dalam kotak penalti.

Yukinari hampir menggandakan keunggulan di menit ke-74 andai saja sundulannya tidak melambung di atas mistar gawang. Empat menit berselang giliran Teun Koopmeiners yang hampir membuat tuan rumah kembali bersorak.

Koopmeiners yang mendapat ruang kosong melepaskan sepakan di luar kotak penalti, sayang tembakannya masih bisa diselamatkan kiper VVV Venlo.

Baca juga: AZ Alkmaar tempel ketat Ajax

Secara statistik, AZ melakukan 25 kali percobaan tendangan di mana delapan di antaranya tepat sasaran. Sementara tim tamu hanya berhasil menciptakan satu tendangan ke arah gawang dari emlat kali percobaan.

Kemenangan ini menjadi bekal berharga AZ saat melawat ke markas PEC Zwolle dalam laga pekan ke-16 pekan depan.


Feyenoord maksimalkan kekalahan pesaing terdekat

Feyenoord sukses memaksimalkan kekalahan yang dialami pesaing terdekatnya yakni FC Utrecht dan Vitesse dalam rangkaian Liga Belanda, untuk merangkak ke posisi tujuh.

Bermain di markas sendiri, Feyenoord menang tipis 1-0 atas PEC Zwolle berkat gol semata wayang Steven Berghuis pada menit ke-23.

Kemenangan ini membuat Feyenoord memangkas jarak dan kini tinggal menyisakan selisih tiga poin dengan PSV Eindhoven (27) di posisi ketiga yang baru bertanding melawan Emmen dua jam lebih larut.

Baca juga: Feyenoord bangkit dari ketinggalan dua gol demi tundukkan RKC Waalwijk

Jalannya laga, Feyenoord hampir unggul cepat jika saja sepakan Nicolai Jorgensen di dalam kotak penalti tidak melebar tipis di sisi kanan gawang. Menit ke-11 giliran Marcos Senesi yang memiliki peluang, namun sepakannya masih bisa diselamatkan kiper Zwolle.

Gol yang ditunggu-tunggu tuan rumah baru tercipta pada menit ke-23 kala Steven Berghuis mampu menyambar umpan silang mendatar yang dikirim Tyrel Malacia.

Tim tamu hampir membuat kedudukan imbang, apabila sepakan keras Gustavo Hamer dari luar kotak penalti tidak melebar tipis di sisi kiri gawang Nick Marsman.

Kedua tim memang silih jual beli serangan di sepanjang laga. Namun hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Feyenoord atas PEC Zwolle tetap bertahan.

Dalam pertandingan berikutnya, Feyenoord akan melawat ke Stadion GelreDome markas Vitesse. Sementara PEC Zwolle akan menghadapi laga berat melawan AZ Alkmaar.

Baca juga: Willem II kandaskan Rotterdam untuk naik ke posisi empat

Baca juga: RKC Waalwijk raih kemenangan kedua musim ini usai kandaskan Utrecht

Baca juga: Usai dikalahkan Heerenveen, Leonid Slutsky mundur dari Vitesse

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar