Imus, Filipina (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri mengatakan target pertama skuatnya di SEA Games 2019 telah tercapai, yaitu melangkah ke semifinal.


"Target pertama lolos ke semifinal tercapai. Ini perlu disyukuri," ujar Indra di Stadion Imus, Imus, Filipina, Kamis.

Indonesia sendiri memastikan tempat di semifinal sebagai peringkat kedua grup setelah menaklukkan Laos dengan skor 4-0 dalam laga terakhir Grup B SEA Games 2019, Kamis (5/12).

Menurut Indra, apa yang ditampilkan anak-anak asuhnya dalam pertandingan yang wajib dimenangkan tersebut sangat baik, terutama di babak kedua.

Baca juga: Pelatih Laos sebut timnya tak beruntung kalah dari Indonesia

Di paruh pertama, kata Indra, para pemain tidak maksimal karena beberapa faktor seperti kondisi fisik. Akan tetapi, permainan mereka terus meningkat setelah dilakukan beberapa pergantian pemain.

"Saya memaklumi performa tim di babak pertama. Namun, kami sudah melangkah ke semifinal dan bersiap untuk pertandingan tersebut," tutur juru taktik asal Sumatera Barat tersebut.

Di fase semifinal, skuat berjuluk Garuda Muda akan menghadapi juara Grup A Myanmar pada Sabtu (7/12) mulai pukul 16.00 waktu Manila atau 15.00 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.
 

Baca juga: Indonesia amankan tiket semifinal setelah tundukkan Laos

Baca juga: Kontra Laos, Timnas Indonesia U-22 hanya ganti kiper


Pada semifinal lainnya, juara Grup B Vietnam akan melawan peringkat kedua Grup A Kamboja di hari dan stadion yang sama, tetapi mulai pukul 20.00 waktu setempat.

Bagi Indonesia, kelolosan ke semifinal SEA Games 2019 menjadi yang kelima kali secara beruntun sejak SEA Games 2011.

Dalam empat semifinal sebelumnya, Indonesia dua kali melangkah ke final, yakni pada tahun 2013 dan 2015. Ketika itu, Indonesia masing-masing dikalahkan Malaysia dan Thailand di partai puncak.

Adapun medali emas sepak bola putra SEA Games terakhir kali direbut Indonesia pada SEA Games 1991.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019