Indonesia memiliki banyak pemain bagus di bangku cadangan ....
Manila, Filipina (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-22 Myanmar Velizar Popov menegaskan bahwa empat hari libur tidak menguntungkan timnya  sebelum menghadapi Indonesia di semifinal sepak bola putra SEA Games 2019, Sabtu (7/12).

"Kami tidak mendapatkan keuntungan dari situasi itu. Semua orang yang paham di sepak bola mengetahui bahwa semua tim pasti kelelahan setelah melewati empat laga dalam seminggu. Libur empat hari tidak akan menyelamatkanmu dari apapun. Seharusnya butuh sebulan untuk pemulihan, tetapi tidak bisa," ujar Popov di Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina, Jumat.

Juru taktik asal Bulgaria itu menyebut bahwa semua tim yang berlaga di SEA Games 2019 memiliki tingkat kelelahan yang sama karena jadwal yang sangat padat.

Akan tetapi, Popov merasa yakin bukan faktor fisik yang menjadi penentu dalam semifinal kontra Indonesia, melainkan mental.

"Kekuatan mental itu yang utama," tutur dia.

Istirahat panjang

Timnas U-22 Myanmar memang mempunyai waktu istirahat lebih panjang dari Indonesia menjelang laga semifinal.

Berada di Grup A yang beranggotakan lima tim, Myanmar yang keluar sebagai juara grup menuntaskan pertandingan terakhirnya di grup pada Senin (2/12). Artinya, mereka mempunyai empat hari penuh yang bisa dimanfaatkan untuk berlatih dan beristirahat.

Sementara Indonesia yang berada di Grup B yang berisi enam tim, baru menyelesaikan laga terakhir grup menghadapi Laos pada Kamis (5/12). Skuat berjuluk Garuda Muda pun cuma mempunyai satu hari untuk beristirahat sebelum melakoni semifinal.

Meski menikmati lebih sedikit waktu istirahat, Popov memprediksi Indonesia tidak akan kehilangan keseimbangan tim karena semua pemainnya berkualitas mumpuni.

"Indonesia memiliki banyak pemain bagus di bangku cadangan sehingga kita tidak tahu siapa pemain inti siapa pemain cadangan," kata pria berusia 43 tahun itu.

Baca juga: Pelatih Myanmar sebut Indonesia tim tercepat di SEA Games 2019

Babak semifinal sepak bola putra SEA Games 2019 yang mempertemukan peringkat kedua Grup B timnas U-22 Indonesia menghadapi juara Grup A Myanmar berlangsung pada Sabtu (7/12) mulai pukul 16.00 waktu Manila atau 15.00 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Pada laga empat besar lainnya, juara Grup B Vietnam akan melawan peringkat kedua Grup A Kamboja di hari dan stadion yang sama, tetapi mulai pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB.

Baca juga: Indra Sjafri berharap pemain Myanmar tidak gemuk usai libur empat hari

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019