Ade Irawan raih penghargaan "Lifetime Achievement" Piala Citra 2019

Ade Irawan raih penghargaan "Lifetime Achievement" Piala Citra 2019

Putri dari Aktris Ade Irawan, Dewi Irawan menyampaikan sambutan seusai menerima piala Lifetime Achievement Awards pada Malam Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Jakarta, Minggu (8/12/2019). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc/pri.

ibu saya bilang, orang kalo dikasih Lifetime Achievement FFI pasti kalau lagi sakit
Jakarta (ANTARA) - Aktris senior Ade Irawan mendapat penghargaan khusus "Lifetime Achievement" Piala Citra 2019 di malam puncak Festival Film Indonesia (FFI), Jakarta, Minggu.

Dalam video yang ditayangkan di malam perhelatan penghargaan puncak dunia film Tanah Air, Ade yang kini berusia 82 tahun itu mengucapkan rasa terima kasih untuk orang-orang yang selama ini telah berjasa, termasuk sesama insan perfilman dan para penonton film Indonesia.

Piala untuk aktris bernama asli Arzia Dahar ini diterima oleh putrinya yang juga mengikuti jejak Ade sebagai aktris, Dewi Irawan.

Mewakili ibunya, Dewi menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang sudah lama ingin didapatkan oleh sang ibu.

"Selama ini ibu saya pengin banget dapat Lifetime Achievement, tapi ibu saya bilang, orang kalo dikasih Lifetime Achievement FFI pasti kalau lagi sakit jadi enggak bisa datang. Tapi Bu, paling enggak Ibu sudah dapat sekarang," ujar Dewi di atas panggung.

Ade Irawan adalah aktris senior Indonesia yang pertama kali terjun ke dunia film pada 1964, sebagai figuran di film "Diambang Fadjar".

Ia menikah dengan aktor sekaligus sutradara Bambang Irawan, kemudian dikaruniai lima anak yang sebagian mengikuti jejak orangtua di dunia seni peran, yakni Dewi Irawan dan Ria Irawan.

​​Sebelumnya,  Ade menerima penghargaan Kesetiaan Profesi dari Dewan Film Nasional pada 1993.

Tahun lalu, penghargaan istimewa ini diberikan kepada aktris Widyawati yang telah separuh abad berkarir di industri perfilman.


Baca juga: Daftar lengkap pemenang Piala Citra FFI 2019

Baca juga: Raihaanun, Aktris Terbaik Piala Citra 2019

Baca juga: Muhammad Khan dedikasikan Piala Citra Aktor Terbaik buat Shahrukh Khan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Aktris senior Ade Irawan wafat, Indro Warkop berduka

Komentar