Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan luas

Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan luas

Ilustrasi - Bendera nasional Australia dengan tampilan besar harga pasar harian, pasar saham Australia, ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

...Rio Tinto naik 0,09 persen dan Fortescue Metals naik 0,43 persen dan Newcrest naik 0,14 persen.
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka menguat pada perdagangan Rabu pagi, dengan keuntungan meluas dipimpin saham-saham sektor konsumen dan utilitas.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 27,90 poin atau 0,42 persen menjadi 6.734,80 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 25 poin atau 0,37 persen pada 6.837,10 poin.

Saham-saham sektor konsumen naik meskipun ada laporan dari Westpac Bank yang menunjukkan bahwa sentimen konsumen turun 1,9 persen di bulan menjelang natal. Juga terangkat kuat saham-saham utilitas.

Sebagian besar sektor 8 membaik, dengan pengecualian saham teknologi yang melemah.

Perusahaan perjalanan Webjet adalah salah satu yang berkinerja lebih baik, melonjak lebih dari empat persen di tengah berita bahwa perusahaan akan bersedia mempertimbangkan pengambilalihan.

"Tujuan perusahaan adalah untuk menciptakan nilai bagi para pemegang saham dan dari waktu ke waktu kami mempertimbangkan minat akuisisi dalam bisnis," kata Webjet dalam sebuah pernyataan kepada ASX.

"Jika proposal yang diterima itu meyakinkan dan pasti, perusahaan akan mengajukannya kepada pemegang saham. Belum ada proposal seperti itu saat ini."

Baca juga: Tunggu keputusan suku bunga Eropa, AS, saham Australia melemah

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia reli dengan Commonwealth Bank naik 0,80 persen, National Australia Bank naik 0,16 persen, Westpac Bank naik 0,70 persen dan ANZ naik 0,37 persen.

Saham-saham pertambangan menguat dengan BHP naik 0,08 persen, Rio Tinto naik 0,09 persen dan Fortescue Metals naik 0,43 persen dan Newcrest naik 0,14 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas meningkat dengan Oil Search naik 0,97 persen, Santos naik 0,12 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,41 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 0,26 persen dan Woolworths naik 1,57 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra bertambah 0,81 persen, maskapai nasional Qantas kehilangan 1,16 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 0,61 persen.
Baca juga: Palang Merah Selandia Baru sebut nama warga Australia yang hilang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar