BI Maluku Utara siapkan kas keliling hingga Rp500 miliar jelang Natal

BI Maluku Utara siapkan kas keliling hingga Rp500 miliar jelang Natal

Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara sediakan mobil kas keliling menyambut perayaan natal dan tahun baru 2020 untuk memenuhi kebutuhan uang, terutama di berbagai titik-titik keramaian seperti di depan Hypermart Kota Ternate. (Abdul Fatah)

Untuk Natal dan Tahun Baru ini, Bank Indonesia telah sediakan uang sebesar Rp500 miliar dan diperkiraan bisa mencukupi kebutuhan selama perayaan Natal di Maluku Utara
Ternate (ANTARA) - Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara (Malut) menyatakan dalam menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 telah menyediakan mobil kas keliling untuk memenuhi kebutuhan uang, terutama di berbagai titik-titik keramaian.

"Untuk Natal dan Tahun Baru ini, Bank Indonesia telah sediakan uang sebesar Rp500 miliar dan diperkiraan bisa mencukupi kebutuhan selama perayaan Natal di Maluku Utara," Kepala Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara Gatot Miftahul Manan kepada Antara di Ternate, Minggu.

Bank Indonesia di provinsi itu menyiapkan uang pecahan nominal Rp1.000 hingga Rp20.000 dengan total Rp250 juta dalam setiap kali beroperasi menggunakan mobil kas keliling di titik-titik keramaian Kota Ternate seperti depan Hypermart, pelabuhan, maupun area pasar.

Sedangkan, dalam rangka pelayanan selama Natal dan Tahun Baru 2020, Bank Indonesia Maluku Utara menyediakan dana sebesar Rp125 miliar di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat yang masyarakatnya sebagian besar adalah Nasrani.

Begitu pula, daerah lainnya  seperti Kota Ternate, Halmahera Selatan, maupun daerah lainnya tetap terlayani, dalam memenuhi kebutuhan uang di masyarakat.

Gatot mengatakan sejauh ini untuk aktivitas pelayanan terutama kebutuhan uang maupun warga yang akan menukarkan uang dengan nominal pecahan kecil menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, masih dalam kondisi normal dan tidak terlalu signifikan.

Dia menegaskan kebutuhan uang di Maluku Utara tercukupi seperti dalam momentum Ramadan hingga Idul Fitri tahun 2019 lalu, di mana pihaknya  menyediakan anggaran sebesar Rp600 miliar untuk kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Ekspedisi kas keliling sudah singgahi 42 pulau 3T

Baca juga: BI: Uang logam Rp500-Rp1.000 layak edar

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menukar uang lusuh di pulau perbatasan dengan Malaysia

Komentar