ini komitmen Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat
Jambi (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jambi menyediakan uang sebesar Rp2,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 H.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jambi Warsono di Jambi, Selasa, mengatakan jumlah uang layak edar sebesar Rp2,2 triliun itu meningkat sembilan persen dibandingkan realisasi pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H yang tercatat sebesar Rp2,03 triliun.

"Penyediaan uang ini sebagai komitmen Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat," kata Warsono.

Ia menegaskan antisipasi kenaikan jumlah uang layak edar yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

"Berdasarkan proyeksi masing-masing bank, selain juga mempertimbangkan aktivitas ekonomi yang meningkat," kata dia.

Baca juga: BI Jambi ingatkan waspadai tekanan inflasi akibat banjir 

Baca juga: BI Jambi nilai bantuan CBP perkuat pengendalian inflasi

Untuk mendukung layanan penukaran uang rupiah bagi masyarakat, BI Jambi bekerja sama dengan 12 bank menyediakan layanan penukaran uang yang dipusatkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Baru, Kota Jambi.

Layanan kas keliling terpadu tersebut dilaksanakan pada pekan keempat Maret yaitu 25 Maret sampai dengan 28 Maret 2024 dan pekan I April yaitu 1 sampai dengan 4 April 2024.

Untuk melakukan penukaran melalui layanan terpadu mobil kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui aplikasi PINTAR atau dapat dicari di website pada kata kunci pintar.bi.go.id.

Bank Indonesia juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Selain menukarkan uang pecahan melalui mobil kas keliling, masyarakat juga bisa menukarkan melalui kantor perbankan.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadhan dan Idul Fitri dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 yang bertema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas Program Serambi setiap tahunnya.

Pada tahun ini penguatan program di antaranya penambahan jumlah paket penukaran menjadi maksimal Rp4 juta, modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

Baca juga: BI Jambi lanjutkan subsidi ongkos angkut komoditas penyumbang inflasi

Baca juga: BI fasilitasi promosi wisata Candi Muaro Jambi


 

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024