Liga Belanda

Gol menit akhir Myron Boadu bawa AZ Alkmaar kalahkan Ajax

Gol menit akhir Myron Boadu bawa AZ Alkmaar kalahkan Ajax

Aksi Pemain Ajax Razvan Marin (hijau) dan gelandang AZ Alkmaar Calvin Stengs (merah) terlibat perebutan bola saat kedua tim bertemu dalam laga pekan ke-17 Liga Belanda di Stadion AFAS, Minggu (15/12/2019). (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Gol pada menit akhir yang dibukukan Myron Boadu membawa AZ Alkmaar mengalahkan Ajax dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-17 Liga Belanda yang digelar di Stadion AFAS, Minggu waktu setempat.

Raihan tiga poin ini membuat AZ dan Ajax sama-sama mengemas 41 poin. Namun Ajax unggul selisih gol sehingga masih menempati posisi puncak klasemen, demikian catatan laman resmi Eredivisie.

Laga ini menjadi pertandingan yang menentukan bagi masing-masing klub dalam perebutan pemuncak klasemen. Kedua tim juga sama-sama ingin bangkit setelah menelan kekalahan di Liga Champions untuk Ajax dan Liga Europa bagi AZ Alkmaar.

Baca juga: Cuma butuh imbang, Ajax malah dikalahkan Valencia dan tersingkir
Baca juga: Gulung AZ Alkmaar 4-0, Manchester United rajai Grup L


Ajax memulai laga dengan langsung melakukan inisiatif serangan. Tendangan Joel Veltman di dalam kotak penalti sempat mengancam gawang AZ namun bola melebar di sisi kanan gawang.

Tak lama berselang giliran AZ yang menggempur pertahanan Ajax. Calvin Stengs dan Myron Boadu memiliki peluang di enam menit awal, namun belum ada yang benar-benar membahayakan gawang tim tamu.

AZ yang ingin meneruskan catatan positif tujuh laga kemenangan di liga domestik terus menggempur hingga pertengahan babak pertama. Akan tetapi rapatnya barisan pertahanan Ajax membuat bola selalu diblok kala memasuki garis 16 pas.

Ajax baru mendapatkan peluang lagi saat waktu memasuki menit ke-35. Sepakan dari luar kotak penalti Hakim Ziyech menyamping tipis di sisi kiri gawang AZ.

Hingga jelang babak pertama berakhir, terjadi jual beli serangan namun tak ada satu pun yang bisa memecah kebuntuan.

Baca juga: Feyenoord lumat PSV 3-1 berkat trigol Steven Berghuis

Pada babak kedua intensitas serangan tak menurun sedikitpun. Masing-masing klub silih bergantian membongkar pertahanan. Diawali sepakan Oussama Idrissi yang di blok bek Ajax, dilanjutkan Dusan Tadic yang mengalami hal serupa.

Klaas Jan Huntelaar hampir membawa Ajax unggul pada menit ke-56, jika saja sepakan kaki kanannya di dalam kotak penalti tidak terlalu lemah.

Tak lama berselang, Ajax membombardir lini pertahanan AZ. Hakim Ziyech mendapat dua kesempatan namun bola urung merobek jala gawang tim tuan rumah.

Saat laga dirasa akan berakhir dengan skor kacamata, Myron Boadu membuat publik di Stadion AFAS bergemuruh saat sundulannya memanfaatkan sepakan pojok di menit ke-90 menjebol gawang Andre Onana, sekaligus mengantarkan AZ memenangkan laga.

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir skor 1-0 untuk kemenangan AZ Alkmaar atas Ajax tetap bertahan.

Berikut susunan pemain:
AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Owen Wijndal, Stjin Wuytens, Jordi Clasie, Jonas Svensson; Teun Koopmeiners, Dani De Wit, Fredrik Midtsjo; Oussama Idrisi (Zakaria Aboukhlal), Myron Boadu, Calvin Stengs.
Pelatih: Arne Slot

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Joel Veltman, Noussair Mazraoui (Lassina Traore), Lisandro Martinez, Perr Schuurs; Donny van de Beek, Razvan Marin (Tagloafico), Edson Alvarez; Klaas Jan Huntellaar, Dusan Tadic, Hakim Ziyech.
Pelatih: Erik ten Hag

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar