Satgas kami beroperasi 24 jam sehingga distribusi BBM dan LPG akan berjalan aman dan lancar
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memproyeksikan kebutuhan bahan bakar minyak khususnya untuk gasoline di wilayah Malang Raya, akan mengalami kenaikan sekitar tujuh persen dari kondisi normal.

Fuel Terminal Manager Malang Supply and Distribution V PT Pertamina (Persero) Ahmad Zaeni mengatakan bahwa kenaikan kebutuhan bahan bakar tersebut utamanya untuk produk pertamax, premium dan pertalite.

"Prediksi kami dari Pertamina, konsumsi BBM gasoline, seperti Pertamax, Premium dan Pertalite naik tujuh persen. Kami menjamin pasokan tersedia," kata Zaeni dalam Rapat Koordinasi Operasi Lilin Semeru 2019 di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Baca juga: Pertamina MOR I operasikan dua SPBU di Tol Medan-Tebingtinggi Sumut

Zaeni menjelaskan, pihaknya menjamin pasokan bahan bakar minyak selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan mencukupi. Saat ini, pihaknya telah mengambil langkah antisipasi dengan menambah pasokan BBM untuk memenuhi kenaikan kebutuhan tersebut.

Zaeni menambahkan, sementara untuk kebutuhan LPG, diproyeksi juga mengalami kenaikan sebesar lima persen. Rata-rata kebutuhan BBM untuk wilayah Malang Raya mencapai 2.212 kiloliter per hari, dan untuk LPG sebanyak 100 ribu tabung per hari.

Menurut Zaeni, untuk memastikan distribusi pasokan tersebut, PT Pertamina telah membentuk Satgas Natal dan Tahun Baru 2020, sejak 14 November 2019, dan akan berakhir pada 8 Januari 2020.

Baca juga: Pertamina luncurkan layanan pesan antar di Kota Malang

"Satgas kami beroperasi 24 jam sehingga distribusi BBM dan LPG akan berjalan aman dan lancar," ujar Zaeni.

Dalam upaya mengantisipasi kekosongan pasokan bahan bakar pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Malang Raya, PT Pertamina juga menyiapkan SPBU kantong pada titik-titik rawan kemacetan.

Tercatat, ada tiga titik SPBU kantong yang disiapkan di jalur padat menuju Kota Batu, dan satu titik di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Sementara untuk ketersediaan BBM di jalan tol Pandaan-Malang, PT Pertamina akan membuka SPBU modular pada kilometer 66.

"Untuk di jalan tol, kami sudah kerja sama dengan Jasa Marga, kita sediakan SPBU modular di kilometer 66 untuk produk DEX dan Pertamax," kata Zaeni.

Baca juga: Sambut Natal dan Tahun Baru, Pertamina diskon harga avtur 20 persen
 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019