Tim gabungan PMI dan BPBD buka akses jalan di Lebak

Tim gabungan PMI dan BPBD buka akses jalan di Lebak

Relawan Palang Merah Indonesia bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kababupaten Lebak, Banten saat mencoba membuka akses jalan yang terputus di Kampung Karian, Desa Cibadak, Kecamatan Cimarga akibat bencana banjir bandang. ANTARA/HO/Humas PMI

jembatan penghubung antardua kampung di Desa Cibadak, Kecamaan Cimarga terputus mengakibatkan warga terisolir
Lebak, Banten (ANTARA) - Tim gabungan relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kota Cilegon bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kababupaten Lebak, Banten mencoba membuka akses jalan yang terputus di akibat diterjang bencana banjir.

"Kami menerima laporan dari warga akibat banjir bandang yang melanda daerah ini, jembatan penghubung antardua kampung di Desa Cibadak, Kecamaan Cimarga terputus mengakibatkan warga terisolir," kata Humas PMI Kabupaten Lebak Aip Sarifudin melalui sambungan telepon, Sabtu.

Menurutnya, berawal dari laporan warga tentang rusaknya jembatan penghubung di dua kampung pihaknya mencoba membuka akses jalan melalui Kampung Karian, Desa Cibadak bersama petugas dari BPBD Kabupaten Lebak.

Akses jalan yang sulit dan tidak bisa ditembus dengan kendaraan bermotor mengharuskan personel kemanusiaan ini berjalan kaki sekitar empat kilometer untuk bisa menuju titik lokasi.

Baca juga: Penanganan bencana banjir bandang di Lebak diapresiasi BNPB
Baca juga: BNPB sebut delapan warga Lebak meninggal akibat banjir bandang


Melihat kondisi lokasi yang rusak parah dan tidak ada akses jalan lagi karena jembatan penghubungan antarkampung ambruk, personel yang ke lokasi memilih kembali untuk menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan.

Keesokan harinya tim kembali dengan membawa peralatan seperti perahu karet untuk dijadikan alat penyeberangan sungai sementara yang bisa dimanfaatkan oleh warga untuk beraktivitas.

Selain itu, personel gabungan ini memasang alat penyeberangan dengan membawa logistik untuk dibagikan kepada warga yang terdampak bencana banjir badang di Desa Cibadak.

"Dari hasil asessment dan pemantauan di lokasi bencana kami (PMI dan BPBD) meminta bantuan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menurunkan alat berat guna membuka jalur yang terputus," tambahnya.

Hingga saat ini tim PMI bersama BPBD Kabupaten Lebak masih berada di lokasi untuk membantu warga  yang ingin menyebrangi sungai. 

Baca juga: Menko PMK minta korban banjir di Lebak dapat pelayanan dasar
Baca juga: Polda Banten kirimkan bantuan logistik korban banjir Lebak lewat udara
Baca juga: 677 KK korban banjir di Lebak masih bertahan di pengungsian

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sungai meluap, ratusan rumah di Lebak terendam banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar