Medan (ANTARA) - Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, menjelaskan untuk menghadapi tantangan global,TNI secara umum dan Kodam I/BB secara khusus, terus melakukan pembenahan SDM prajurit melalui berbagai pendidikan.

"Begitu juga di bidang politik, dimana pada 2020 ini, wilayah Sumatera Utara menggelar Pilkada serentak di 23 kabupaten/kota," kata Fadhilah, dalam Dialog Interagtif yang digelar RRI Medan, Senin. Dialog bertemakan:"TNI dan Tantangan Global serta Refleksi Keamanan Sumut di 2020".

Baca juga: Panglima Kodam I/Bukit Barisan katakan TNI bantu Pemda cegah peredaran narkoba

Ia menyebutkan, terkait kontestasi Pilkada serentak ini, Kodam I/BB pada prinsipnya siap membantu pengamanan yang dilakukan Polri bersama pemerintah.Dan dalam menyikapi Pilkada ini, TNI melalui Kodam I/BB tetap bersikap netral.

Kodam I/BB melalui jajarannnya terus melakukan cipta kondisi kepada masyarakat melalui pembinaan teritorial (binter) yang tujuannya untuk menguatkan persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Panglima Kodam I/Bukit Barisan beri pesan kepada prajurit

"Kita berhadap Pilkada serentak 2020 di Sumatera Utara (Sumut) tidak mengarah kepada benturan di masyarakat, dan TNI siap membantu Polisi,serta Pemda," ujar jenderal bintang dua itu.

Fadhilah mengatakan, sebagai prajurit akan tetap menjaga profesionalisme dan bersikap netral, tapi juga tetap melakukan antisipasi dalam rangka menjaga Pilkada yang aman, lancar dan kondusif.

Baca juga: Pangdam I/BB: Prajurit harus saling percaya

"Prinsipnya kita di belakang Polisi dan memberikan bantuan agar tidak terjadi benturan sehingga kontestasi Pilkada tidak semakin memanas," ujarnya.

Ia menegaskan, sinergitas dan soliditas TNI-Polri adalah tiang bagi NKRI untuk membantu percepatan pemabangunan negeri.

Dalam bidang pembangunan kemasyarakatan, Kodam I/BB juga memberikana edukasi kepada masyarakat melalui Koramil dan Batalyon.Bahkan prajarit Kodam I/BB yang ditugaskan menjaga perbatasan negara,juga dibekali kemampuan untul memberikan pengajaran kepada warga dipelosok perbatasan.

Begitu juga soal Tanggap Bencana (Tagana), Kodam I/BB melalui program Binter terus memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat melalui pembentukan peleton Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB).

"Peleton ini siap digerakkan kapan dan dimana saja untuk membantu penyelamatan warga masyarakat terdampak bencana yang tersebar di empat provinsi pada wilayah Kodam I/BB," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Dalam dialog interaktif itu, Fadhilah didampingi Aster Kasdam I/BB, Kolonel Infantri Parluhutan Marpaung, dan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi.


 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020