Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menanam 1.000 pohon di Kawasan Hutan Kota Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana mengatakan penanaman pohon ini merupakan upaya mengurangi pemanasan global dan musim kemarau beberapa bulan lalu.

"Penghijauan merupakan hal penting yang sangat membantu untuk masyarakat dan lingkungan," kata Kapolda.

Program yang dicanangkan Kapolri itu sangat tepat sehingga semua orang dapat mencintai alam dan lingkungan. Setiap tahun selalu ada banjir dan genangan air di Jakarta ketika musim hujan.

Baca juga: PPK kemayoran revitalisasi Utan Kemayoran di lahan seluas 22 hektar
Baca juga: Kata Andien: Utan Kemayoran mirip Shinjuku Gyoen
Warga mengunjungi area Ruang Terbuka Hijau (RTH) Utan Kemayoran di kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/12/2019). RTH Utan Kemayoran seluas 22,3 hektare tersebut sebagai sarana rekreasi, edukasi, dan konservasi dengan mengusung konsep "Three Wonderful Journeys". ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Kepolres Jakarta Utara, Kombes Polisi Budhi Herdi mengatakan lahan yang akan ditanami di PPK Kemayoran, awalnya merupakan lahan tidur seluas 23 hektare.

"Dulunya adalah lahan tidur, dicoba difungsikan kembali untuk memperbaiki ekosistem lingkungan," kata Kapolres.

Kapolres menyatakan program Polri peduli penghijauan dengan gerakan penanaman seribu pohon sangat tepat. Program itu ikut membantu dalam menjaga ekosistem lingkungan.

Penanaman pohon itu dilakukan oleh jajaran Polri, TNI dan unsur Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama masyarakat.
Baca juga: Utan Kemayoran hadir sebagai solusi tata hijau perkotaan
Baca juga: Andien sebut hutan kota penting untuk menjaga kewarasan warga

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020