karena lokasi tenggelamnya ini tidak jauh dari alur maka harus dievakuasi
Belitung,Babel (ANTARA) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Tanjung Pandan, Belitung mengeluarkan Notice to Marine (NTM) atau pemberitahuan menyusul tenggelamnya kapal kargo KM EL No.2 rute Sunda Kelapa - Pontianak di wilayah perairan itu.

"Hari ini 'Notice to Marine' sudah kita terbitkan kepada pelayaran dan menyampaikan titik koordinat itu bahwa ada kapal tenggelam," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Afriyon Putra di Tanjung Pandan, Minggu.

Ia menjelaskan, kapal kargo KM EL No.2 yang berlayar dari pelabuhan Sunda Kelapa menuju Pontianak tenggelam di koordinat 03°03'079"S- 107 28'043" E atau sekitar satu mil dari Pulau Mendulu, Belitung.

Sehingga kepada kapal - kapal yang berlayar melintas pada koordinat tersebut agar berhati - hati dalam bernavigasi dikarenakan ada kapal KM EL No.2 tenggelam di posisi tersebut dan masih dalam kondisi sedikit mengapung.

Baca juga: Nahkoda dan ABK kapal kargo yang tenggelam di Belitung selamat
Baca juga: Kapal kargo rute Sunda Kelapa ke Pontianak tenggelam di Belitung


"Ke depannya nanti karena lokasi tenggelamnya ini tidak jauh dari alur maka harus dievakuasi dan dilakukan pengangkatan," katanya.

Kapal diketahui mengangkut bahan-bahan bangunan seperti semen karung, besi, dengan sebanyak 14 ABK tenggelam pada Minggu (12/1) pukul 03:00 WIB akibat cuaca buruk dengan ketinggian gelombang mencapai tiga meter.

"Kemudian pada pukul 05:00 WIB kru kapal berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh KM Tetap Jaya yang melintas kemudian dibawa ke Pelabuhan Tanjung Pandan," ujarnya.

Baca juga: Tabrak karang, KM Jabal Nur tenggelam di perairan Manggarai Barat
Baca juga: Tiga korban perahu karam di Waykanan ditemukan meninggal dunia
Baca juga: KSOP Tanjung Pandan pastikan KM Putra Sentosa II layak berlayar

Pewarta: Kasmono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020