New Delhi,  (ANTARA News) - Perdana Menteri India Manmohan Singh, Kamis mengatakan unsur-unsur dari luar negeri adalah pelaku serangan-serangan teror di Mumbai.

Saat berbicara dalam pidato khusus kepada bangsanya, Singh mengatakan: "Jelas bahwa kelompok yang melakukan serangan-serangan adalah berpangkalan di luar negeri, mereka datang dengan satu tujuan untuk menciptakan kekacauan di ibukota perdagangan negara ini."

India akan mengemukakan"'dengan tegas terhadap negara-negara tetangga bahwa tidak ada toleransi jika wilayah mereka jadi tempat melancarkan  serangan-serangan kepada kami , dan bakal ada ganjaran jika mereka membiarkan hal itu,"' kata Singh sebagaimana dilaporkan kantor berita India PTI.

Dia mengatakan "serangan-serangan yang terencana dan terlaksana itu mungkin ada kaitannya dengan pihak-pihak luar dan dilakukan untuk menciptakan suasana panik dengan memilih sasaran orang-orang penting dan membunuh orang asing secara membabi-buta."

Perdana Menteri menegaskan bahwa 'kemungkinan tindakan terkeras' akan diambil untuk mengatasi unsur-unsur tersebut, misalnya penggunaan Undang-undang Keamanan Nasional dan pembentukan Lembaga Penyelidikan Federal untuk mencegah  terjadinya insiden-insiden sejenis.

"Kami akan melakukan sejumlah tindakan untuk memperkuat tangan-tangan polisi dan lembaga-lembaga penyelidikan kami. Kami akan mencegah aliran dana terhadap organisasi-organisasi yang dicurigai. Kami akan melarang masuk orang-orang yang dicurigai ke dalam negara ini."

"Kami akan lakukan terhadap  orang-orang dan organisasi-organisasi ini dan memastikan bahwa setiap pengkhianat, penghimpun dan pendukung aksi teror, apapun  afiliasi atau agamanya, harus membayar mahal atas tindakan pengecut dan  mengerikan  terhadap masyarakat kami," kata Perdana Menteri.

"Undang undang Keamanan Nasional akan diberlakukan untuk mengatasi situasi semacam ini sedangkan peraturan yang sudah ada akan diperketat untuk menjamin bahwa tidak ada satu lobangpun yang bisa digunakan oleh para teroris guna lolos dari jerat hukum," ujarnya.

"Yang paling penting adalah segera kita akan membentuk Badan Penyelidikan Federal untuk mengatasi kejahatan-kejahatan teroris dan menjamin bahwa mereka yang bersalah harus dituntut sesuai undang-undang tersebut," kata Singh.

Dia menjamin bahwa reformasi sektor kepolisian akan dilakukan untuk menangani masalah penting dan serius.  Singh  mengimbau  masyarakat agar tetap memelihara perdamaian dan harmoni sehingga "musuh-musuh negara kita tidak  melakukan rencana-rencana jahat mereka."(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008