Politik kemarin, pemecatan Helmy Yahya hingga PDIP datangi Dewan Pers

Politik kemarin, pemecatan Helmy Yahya hingga PDIP datangi Dewan Pers

Helmy Yahya (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Informasi berita politik penting yang terjadi pada Jumat (17/1) masih menarik untuk disimak, mulai dari pemberhentian Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI hingga langkah DPP PDI Perjuangan datangi Dewan Pers terkait "tone" pemberitaan kasus Wahyu Setiawan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca hari ini.

1. Helmy Yahya diberhentikan dari jabatan Dirut TVRI

Helmy Yahya diberhentikan dari jabatan Direktur utama TVRI oleh Dewan Pengawas lembaga penyiaran publik itu.

Kabar pemberhentian Helmy Yahya dari jabatannya itu dibenarkan oleh anggota komisi I DPR Farhan ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya disini

2. Panglima TNI dan Kapolri menari bersama tunjukan soliditas dua institusi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menari bersama 2.900 prajurit gabungan TNI/Polri dalam kunjungan kerja di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Maluku, Jumat (17/1).

Berdasarkan pantauan, Panglima Hadi dan Kapolri Idham didampingi Irjen Royke dan Komandan Lantamal Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, berbaur dengan ribuan prajurit gabungan TNI/Polri, menari bersama mengikuti gerakan dua tarian populer Maluku "Kakak Endah" dan "Bermain Tali" untuk menunjukkan adanya sinergitas yang kuat antara dua institusi tersebut.

Baca berita selengkapnya disini


3. Presiden pastikan pemerintah tidak berutang untuk bangun ibu kota baru

Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah tidak berutang dalam bentuk apapun untuk membangun ibu kota baru.

"Yang kita tawarkan tidak ada pinjaman, tidak ada 'government guarantee' (penjaminan pemerintah), enggak ada, jadi semua kerja sama," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara diskusi dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (17/1).

Presiden Jokowi sebelumnya memperkirakan butuh dana Rp466 triliun untuk membangun ibu kota.

Baca berita selengkapnya disini


4. Wapres bertemu Dubes AS sampaikan pesan perdamaian

Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr, di Kantor Wakil Presiden, di Jakarta, Jumat. Mereka membahas mengenai berbagai hal terkait kerja sama hubungan bilateral Indonesia-AS, termasuk upaya menjaga perdamaian global.

"Kami secara umum berbicata mengenai pentingnya perdamaian dan bekerja bersama-sama. Kami tidak menyebutkan secara spesifik (terkait konflik AS-Iran)," kata Donovan Jr di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (17/1)

Dalam pertemuan tersebut, Donovan Jr juga berpamitan langsung kepada Ma'ruf karena telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai kepala perwakilan Amerika Serikat di Indonesia selama tiga tahun.

Baca berita selengkapnya disini

5. DPP PDIP konsultasi ke Dewan Pers terkait kasus Wahyu Setiawan

DPP PDI Perjuangan mengirimkan tim kuasa hukumnya untuk berkonsultasi kepada Dewan Pers terkait "tone" pemberitaan perihal kasus dugaan suap kepada mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Saya datang ke sini untuk berkonsultasi agar langkah kami tepat. Tepat di mata Dewan Pers, di mata PDI, dan masyarakat," kata Ketua Tim Kuasa Hukum DPP PDI Perjuangan I Wayan Sudirta, ditemui di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Jumat (17/1).

Menurut Wayan, kedatangannya didampingi Teguh Samudera sebagai tim kuasa hukum baru sebatas berkonsultasi karena merasa ada pemberitaan yang di-framing dan merugikan PDI Perjuangan.

Berikut berita selengkapnya disini
 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mendagri ajak masyarakat lawan politik uang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar