Saluran air tersumbat penyebab utama genangan air di Cikini

Saluran air tersumbat penyebab utama genangan air di Cikini

Para petugas suku dinas SDA, Bina Marga, dan Damkar Cikini mengecek saluran air yang tersumbat di depan Pusat Kebudayaan Taman Ismail Marzuki, Sabtu (18/1/2020). ANTARA/Livia Kristianti/pri.

(Sumbatan) ada di sisi kanan tiang pancang. Ya karena ada pekerjaan, lalu tersumbat
Jakarta (ANTARA) - Saluran air tersumbat adalah penyebab utama air tergenang di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, sejak Sabtu pagi, menyusul hujan deras sejak Sabtu dini hari.

Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara di Jakarta, Sabtu, mengatakan Jalan Cikini Raya tergenang karena saluran air ada yang terhambat oleh tiang pancang proyek pembangunan di kawasan itu.

"(Sumbatan) ada di sisi kanan tiang pancang. Ya karena ada pekerjaan, lalu tersumbat. Kita bersihkan dan Alhamdulillah segera lancar hari ini," kata Bayu saat meninjau penyedotan air genangan di Cikini Raya.

Baca juga: Sabtu pagi, Jakarta di sejumlah titik sudah tergenang dan banjir

Kawasan Cikini Raya tergenang air sejak pukul 07.18 WIB akibat curah hujan yang tinggi dan mengguyur kawasan itu. Ini merupakan kedua kalinya kawasan strategis daerah itu tergenang air hujan.

Meski demikian, Bayu mengatakan tergenangnya Jalan Cikini Raya yang kedua kalinya itu mendapatkan penanganan lebih cepat dari para petugas mulai dari Suku Dinas sumber Daya Alam, Bina Marga dan Petugas Pemadam Kebakaran.

"Dibanding tanggal satu kemarin ini lebih sedikit. Relatif cepat. Tahun baru kemarin betul (tergenang juga) kami evaluasi. Tapi memang curah hujannya relatif cukup banyak, tetapi secara umum ini lebih cepat penurunannya (surutnya)," kata Bayu.

Baca juga: Hingga pukul 13.00 WIB, tiga wilayah di Jakarta masih tergenang

Pemkot Jakarta Pusat dengan cepat memompa air yang menggenang dari jalan menuju ke aliran Kali Pasir yang berada di belakang kawasan Cikini.

Genangan di Cikini Raya mencapai ketinggian 15 sentimeter dan berada tepatnya di sepanjang bagian depan Pusat Kebudayaan Taman Ismail Marzuki.
Kondisi terkini saluran air yang masih tersumbat depan Pusat Kebudayaan Taman Ismail Marzuki, Sabtu (18/1/2020) (ANTARA/ Livia Kristianti)

Hingga saat ini saluran air di depan Taman Ismail Marzuki terlihat masih tergenang air sehingga penutup saluran drainase yang ada di trotoar masih terlihat terbuka.

Baca juga: SDA Jaksel kerahkan puluhan pasukan biru atasi genangan
Baca juga: Puluhan rumah di Kebon Jeruk terendam banjir kembali


Jalan Cikini Raya adalah salah satu kawasan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) di Jakarta  Pusat dan baru rampung dibangun pada Desember 2019.

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Asteroid raksasa lintasi bumi, masyarakat tidak perlu khawatir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar