Washington (ANTARA News) - Saat Presiden AS terpilih Barack Obama bertemu dengan Menteri Pertahanan Robert Gates untuk membicarakan rencana Obama mempertahankan mantan direktur CIA ini di posnya sekarang, Robert ingat pada satu pertemuan mereka yang unik sekitar sebulan lalu.

Robert Gates mengungkapkan mereka berdua sebenarnya telah bertemu secara rahasia di sebuah rumah pemadam kebakaran di lingkungan Bandara Nasional Washington pada 10 November setelah Obama menemui Presiden George W. Bush.

"Kami bertemu saat Obama kembali ke bandara. Kami sungguh telah bertemu di sebuah rumah pemadam kebakaran di Bandara Nasional dan mereka (para petugas pemadam kebakaran) mengeluarkan truk-truk (pemadam kebakaran) sehingga mobil kami berdua bisa masuk dalam gedung itu," kata Robert seperti dikutip Reuters, Kamis.

Robert adalah perwira CIA karir yang terus menanjak bintangnya hingga kemudian menjadi direktur badan intelijen utama AS itu awal 1990an.

Meksipun sebenarnya ia analis, bukan agen lapangan, Robert sangat paham dengan operasi-operasi intelijen terselubung (clandestine).

Robert tidak mengungkapkan apakah pertemuannya dengan Obama di rumah pemadam kebakaran saat itu diilhami oleh operasi-operasi terselebung tersebut.

Selama kunjungannya ke Washington dalam pekan setelah Obama memenangkan pemilihan presiden 4 November 2008, para wartawan melaporkan Menhan Robert Gates tiba-tiba menghilang masuk ke satu rumah pemadam kebakaran untuk mengadakan pertemuan.

Namun pers samasekali tidak mengetahui mitra bertemu Robert, sampai kemudian minggu lalu keluar berita bahwa Obama akan mempertahankan Robert Gates sebagai Menteri Pertahanan AS.

Dengan agak berseloroh, Reuters menulis, media massa menduga Robert dan Obama serta para pembantunya tampaknya memiliki kepiawaian sama sebagai agen rahasia top, yaitu mampu menyimpan rahasia. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008