Sudin Perhubungan Jaksel siagakan petugas untuk antisipasi genangan

Sudin Perhubungan Jaksel siagakan petugas untuk antisipasi genangan

Ratusan petugas Sudin Perhubungan Jakarta Selatan mengikuti apel kesiapsiagaan banjir yang dilaksanakan di Jalan A Yani Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020). (ANTARA/HO-Humas Sudin Perhubungan Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan menyiagakan 419 petugas di 10 kecamatan untuk mengantisipasi genangan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571.

"Total ada 419 personel seksi pengendalian operasional tingkat kota dan kecamatan yang kita siagakan untuk mengantisipasi banjir dan genangan di wilayah Jakarta Selatan," kata Kasudin Perhubungan Jakarta Setalatan, Budi Setiawan usai apel pagi siaga banjir di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat.

Budi menjelaskan, seluruh personel yang disiagakan bertugas selain menjalankan tugas rutin membantu kelancaran arus lalu lintas juga memantau banjir dan genangan di sejumlah ruas jalan.

Personel yang bertugas dibagi dalam dua shift, yakni pagi dan sore. Mereka siaga di setiap wilayah kecamatan dengan rincian:

Seksi Dalops 122 personel, Kecamatan Jagakarsa (31), Kebayoran Lama (27), Tebet (34), Mampang Prapatan (27), Kebayoran Baru (28), Setiabudi (31), Pasar Minggu (32), Pesanggrahan (21) dan Pancoran 32 personel.

Selain menyiagakan personel, Sudin Perhubungan Jakarta Selatan juga menyiagakan sarana dan prasarana, yakni 15 unit kendaraan derek, mobil patroli, motor patroli dan truk.

"15 kedaraan derek kita siagakan untuk bantu kendaraan mobil yang mogok terjebak banjir," katanya.

Budi mengatakan upaya ini sebagai bentuk antisipasi serta persiapan menghadapi banjir dan genangan menjelang Perayaan Imlek sesuai prediksi BMKG.

Baca juga: Jalan DI Panjaitan macet akibat genangan air hujan
Baca juga: Air hujan genangi sejumlah ruas jalan di Jakarta Timur
Ratusan petugas Sudin Perhubungan Jakarta Selatan mengikuti apel kesiapsiagaan banjir yang dilaksanakan di Jalan A Yani Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020). (ANTARA/HO-Humas Sudin Perhubungan Jakarta Selatan)

BMKG memprediksikan adanya potensi hujan wilayah Jabodetabek akumulasi hujan selama 24 jam mulai 25 Januari 2020 pukul 07.00 WIB  hingga 26 Januari 2020.

"Mengingatkan kemungkinan hujan selama 24 jam, semua jajaran Sudin Perhubungan Jaksel yang terdiri atas jajaran kepala seksi, Kasatpel Kecamatan, pengawas, komandan regu dan seluruh jajaran yang berstatus PNS, PTT dan PPLL mulai hari ini memantau titik-titik kemungkinan genangan banjir dan segera laporkan untuk selanjutnya dijadikan bahan lebih lanjut," kata Budi.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Leo Amstrong menambahkan, petugas dari Seksi Pengendalian Operasional dari tingkat Sudin Perhubungan Jaksel dan Kecamatan bertugas melakukan pengaturan lalu lintas di titik genangan untuk urai kemacetan dan bantu kendaraan yang mogok dengan derek dengan pindahkan tempat yang aman.

"Petugas kami minta melakukan tugas ini dengan penuh tanggung jawab sesuai arahan pimpinan dan berikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat," kata Leo.

Leo juga mengingatkan seluruh jajarannya untuk menyiapkan mantel hujan selalu siap siaga dan kompak dalam menjalankan tugas.
Baca juga: Genangan di Gang Kelinci III Pasar Baru
Baca juga: Tinggi muka air Katulampa normal
Baca juga: Jelang Imlek, bersiap hujan guyur Jakarta Jumat siang

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar