Washington, (ANTARA News) - Presiden terpilih AS Barack Obama menghimbau Gedung Putih dan Kongres  untuk "menemukan jalan" dengan memberikan bantuan jangka pendek kepada industri otomotif AS guna mencegah  kejatuhan, dan untuk jangka panjang mewajibkan industri melakukan pemerikasaan secara seksama.

"Saya berharap pemerintah dan Kongres akan menemukan jalan  untuk membantu sementara industri, sementara permintaan restrukturisasi jangka panjang adalah kewajiban mutlak," kata dia dalam sebuah pernyataannya.

Komentar Obama muncul setelah  oposisi dari  sekutu Presiden George W. Bush dari Partai Republik di senat menggagalkan rancangan undang-undang rencana penyelamatan industri otmotif senilai 14 miliar dolar AS.

"Saya kecewa Senat tidak dapat mencapai kesepakatan rencana jangka pendek untuk industri otomotif," kata presiden terpilih.

"Saya merasa frustasi  atas demikian banyaknya salah kelola di indutri ini dalam satu dasawarsa terakhir, yang telah membantu mengirimkan krisis saat ini.Praktek-praktek buruk ini tak dapat dilanjutkan," kata dia.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008